Otomotif

Pindad dan Esemka Pernah Bikin Prototipe Mobil Listrik, Kelanjutan Proyek Sekatang Tak Jelas

Esemka dan PT Pindad sempat berkerjasama untuk menghasilkan mobil listrik. Program keduanya bahkan sudah sampai tahap purwarupa, dan tugas perusahaan

Pindad dan Esemka Pernah Bikin Prototipe Mobil Listrik, Kelanjutan Proyek Sekatang Tak Jelas
Fitri Oktarini/KOMPAS TV
Sosok pikap kabin ganda milik Esemka di pabrik Boyolali, Jawa Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Esemka dan PT Pindad sempat berkerjasama untuk menghasilkan mobil listrik. Program keduanya bahkan sudah sampai tahap purwarupa, dan tugas perusahaan pelat merah itu menyuplai komponen motor elektrik.

Abraham Mose, Direktur Utama Pindad menjelaskan, motor elektrik itu berjenis BLDC (Brush Less DC electric motor), dan dibuat sendiri oleh Pindad. Hanya saja ada beberapa komponen yang masih impor.

"Kita bikin sendiri motor elektrik di Pindad. Hanya tidak semuanya. Seperti magnet permanen, kita harus beli. Tetapi motor elektriknya kita bikin sendiri," kata Abraham kepada Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Abraham tidak merinci berapa besar kekuatan motor elektrik buatan Pindad yang akan disuplai ke Esemka. Sebab, mobil yang diketahui ada dua jenis itu masih berupa purwarupa.

Baca: Intan Cantik Menyesal Tak Bisa Kepelaminan Bareng Yusuf Bergaji Rp 30 Juta, karena Sudah Menikah

Baca: BREAKING NEWS - Paskibra Cantik Asal Bogor Ini Hilang Sejak Juli, Fosternya Ada di Tiang Listrik

Baca: Kecurigaan Raffi Ahmad pada Merry dan Ibunya Terbukti, Suami Nagita Slavina : Gue Kaget

Seperti diberitakan, Esemka, pernah mencoba membuat mobil elektrik dengan menggandeng Pindad. Bahkan proyek itu sudah sampai tahap prototipe menggunakan Esemka Digdaya berjenis pikap kabin ganda.

Pindad, perusahaan pelat merah yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial itu menyuplai bagian kelistrikan, terutama bagian motor elektrik berjenis BLDC.

Hanya saja setelah prototipe mobil listrik tersebut rampung, kerjasama keduanya belum berlanjut. Padahal secara strategis, produk yang dihasilkan keduanya cukup menjanjikan. Mobil listrik buatan Indonesia.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved