Berita Tanahbumbu

Sekda Minta SKPD Serius Menggalakan ZI-WBK, Bertekad Wujudkan Tanahbumbu Bersih Korupsi

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem bertekad mewujudkan Bumi Bersujud, kabupaten bebas korupsi. Hal itu ditegaskannya institusi

Sekda Minta SKPD Serius Menggalakan ZI-WBK, Bertekad Wujudkan Tanahbumbu Bersih Korupsi
Istimewa
Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem bertekad mewujudkan Bumi Bersujud, kabupaten bebas korupsi. Hal itu ditegaskannya institusi di pemerintahan menyandang sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK).

Keinginan itu dikemukakan Rooswandi saat pencanangan rumah sakit umum daerah (RSUD) dr H Abdurrahman Noor sebagai ZI-WBK. Sehari sebelumnya, ja juga mencanangkan Kecamatan Satui.

"Jadi saya menekankan penetapan pencanangan ini dilakukan secara serius, jangan cuman seremonial. Tapi harus ada tindak lanjut. Pemberantasan korupsi harus dimulai dari wilayah kerja kita," pesannya.

Ditambahkan Rooswandi, apalagi dalam pencanangan ini telah disampaikan untuk pencegahan korupsi sudah dilakukan melalui peningkatan mutu perizinan one stop service. Selain berbagai kebijakan ditetapkan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

Baca: JADWAL BERUBAH, Laga Terakhir Grup B Piala AFF U-18 2019, Tiga Laga Kick-off Bareng

Baca: JUARA Piala Super Eropa 2019 - Liverpool Tundukkan Chelsea, Adu Penalti Kiper Gratisan Jadi Pahlawan

Menegaskan kepada top manajemen yang memiliki komitmen untuk pencegahan korupsi. Diatur dalam Permen PAN-RB Nomor 60 tentang pedoman umum pembanginan ZI-WBK yang sekarang dicanangkan.

Maka dari itu, Rooswandi tidak menghendaki setelah dicanangkannya lima SKPD sebagai ZI-WBK, tidak kecuali RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor.

Pencanangan hanya dijadikan kegiatan seremonial atau formalitasi yang berakhir dengan bertambahnya sebuah kesibukan di unit kerja. Selain membuat kesibukan baru, akan tetapi tidak memberikan makna sesuai tujuan utama.

Apalagi tambah Rooswandi, penetapan ZI-WBK merupakan program yang sudah tertuang dalam regulasi. Ditambah komitmen yang tinggi terkait hal itu.

"Walau kita tertinggal dibanding beberapa daerah di Indonesia yang sudah menyandang predikat WBK dan WBBM. Seperti Polres Tanahbumbu yang sudah menyandang WBK, sementara kita masih tahap penetapan ZI-WBK dan WBBM," ujarnya.

Meski demikian, ditambahkan Rooswandi, zona integritas hal yang mendasar bagi Pemkab Tanahbumbu. Bahkan prioritas utama semua SKPD, karena secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Karena ini komitken Pemkab Tanahbumbu menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih birokrasi melayani. Selain dilakukan pola 3 S yaitu, santun, senyum dan sapa," pungkas Rooswandi.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved