Melihat Nama Nama Unik Jalan di Tapin

Tak Banyak yang Tahu Ada Nama Bundaran Datu Sanggul di Tapin, Ternyata Ini Penyebabnya

Bundaran Datu Sanggul merupakan bundaran yang berada di kawasan RTH Rantau Baru, Kelurahan Rantau Kiwa, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin.

Tak Banyak yang Tahu Ada Nama Bundaran Datu Sanggul di Tapin, Ternyata Ini Penyebabnya
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Bundaran Datu Sanggul di Kabupaten Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bundaran Datu Sanggul merupakan bundaran yang berada di kawasan RTH Rantau Baru, Kelurahan Rantau Kiwa, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin.

Ajang Tapin Art Festival 2019 lalu, bundaran Datu Sanggul ini, selama tiga hari dipadati anak pelajar se Kabupaten Tapin.

Itu karena ada kegiatan pelayanan gemar membaca yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah KabupatenTapin.

Tiga unit mobil perpustakaan keliling milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan standby di atas bundaran Datu Sanggul.

Baca: Jalan Datu Nuraya Sudah Dua Kali Mengharumkan Nama Daerah, Karena Ada Even Nasional

Baca: Nama Jalan Unik di Kabupaten Tapin, Diberi Sesuai Nama Para Datu

Jalan Datu Suban di Kota Rantau, Tapin.
Jalan Datu Suban di Kota Rantau, Tapin. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Kemudian satu unit mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kabupaten Tapin standby di seberang bundaran Datu Sanggul.

Tidak banyak yang mengetahui kalau bundaran itu diberinama bundaran Datu Sanggul. Itu karena Pemerintah Kabupaten Tapin belum membuat papan nama dan mempercantik bundaran tersebut.

Makam Datu Sanggul terletak di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, tidak pernah sepi dari para peziarah dan masuk agenda tujuan rombongan tour wisata religi se Kalsel.

Budayawan Kabupaten Tapin, Ibnu Masud mengatakan bundaran itu diberinama Datu Sanggul karena mempertemukan antara jalan Datu Subhan dan Jalan Datu Nuraya.

Kedua Datu, yaitu Datu Suban dan Datu Nuraya merupakan murid kesayangan Datu Sanggul yang dikenal memiliki ilmu keagamaan yang tinggi.

"Datu Sanggul itu luas dan dalam ilmu tauhidnya dan ilmu Laduni," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved