Berita Banjarbaru

Tak Perlu Tunggu Status Darurat Untuk Bergerak Tangani Karhutla di Kalsel, Ini Penjelasan BNPB

Terbentuknya satgas itu setelah daerah dinyatakan darurat. Tidak akan cair dana kedaruratan itu jika tidak ditetapkan status siaga.

Tak Perlu Tunggu Status Darurat Untuk Bergerak Tangani Karhutla di Kalsel, Ini Penjelasan BNPB
banjarmasinpost.co.id/nurholishuda
Direktur Perbaikan Darurat, BNPB, Medi Herlianto, ketika berikan materi Rakortek di Hotel Aston Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (15/8/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama ini dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan musti harus menunggu Satuan Tugas (Satgas) terbentuk. Terbentuknya satgas itu setelah daerah dinyatakan darurat. Tidak akan cair dana kedaruratan itu jika tidak ditetapkan status siaga.

Hal itulah yang dikritisi oleh Direktur Perbaikan Darurat, BNPB, Medi Herlianto, dan pola itu harus diubah. Sejatinya kata dia untuk penanganan Karhutla ini ada tindakan sebelum Satgas dibentuk melalui pencegahan.

"Jangan diam juga kalau masih belum dibentuk Satgas. Ini juga pola yang keliru dan sudah harus sigap dari pencegahan awal-awalnya," kata Medi Herlianto.

Sebaiknya, BPBD di daerah sudah jauh hari melakukan pencegahan sebelum bulan yang ditetapkan. "Jika itu diprediksi dibulan Juni, maka Mei untuk Mitigasi pencegahan ini seharusnya sudah turun ke lapangan melakukan pencegahan," kata dia.

Dia juga akan mengevaluasi perihal penurunan personil dari Mabes yang selama ini dibantukan di daerah menangani Karhutla, sejauh ini efektif atau tidak.

Baca: Miris, Dari 2.337 Difabel di Kabupaten HST, Hanya Lima Orang yang Mendapat Bantuan Kemensos RI

Menurut Medi Herlianto, dari rapat koordinasi ini nanti akan dibentuk semacam Petunjuk Teknis untuk pencegaham penanggulangan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Kami pakai nanti dari hasil rakor ini akan dibuat petunjuk teknis bagaimana penanganan Karhutla dilakukan. Ini nantinya akan dijadikan percontohan bagi daerah lain nantinya untuk bagaimana sebelum ketika dan sesudah kebencanaan kebakaran hutan dan lahan dilakukan, " kata dia.

Selain dia, pengarahan juga diberikan oleh Sekretaris Utama BNPB, Harmensyah pada Pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Karhutla di Provinsi Kalsel, Kamis (15/8) di Hotel Aston, Kabupaten Banjar.

Dalam pemaparannya, Sekretaris Utama BNPB, Harmensyah mengungkapkan beberapa hal terkait penanganan dan pencegahan Karhutla. Diantaranya adalah pentingnya menetapkan status siaga darurat serta melakukan sosialisasi lebih awal.

Baca: Penyelam Senior Juga Akan Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut, Suhaili Bawa 3 Kamera Underwater

“Jika kita yakin benar -benar bisa mengatasi karhutla, pencegahan awal itu lebih bagus, tidak masalah. Karena kita tahu bahwa kebakaran lahan itu akibat ulah manusia. Ada kebakaran,maka BNPB, TNI dan Polri sudah menurunkan tim dan seharusnya daerah lebih awal untuk melakukan sosialisasi dan patroli. Maka, lebih awal lebih baik,” urainya.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved