Berita Jakarta

Mendagri Tjahjo Kumolo Pamitan : Mohon Maaf, Ini Pamitan, Mari Kita Tunggu Tanggal Mainnya

Tjahjo bahkan kemudian menyampaikan pamit secara resmi. Dia memahami bahwa tugasnya akan selesai dalam beberapa hari terakhir ini.

Mendagri Tjahjo Kumolo Pamitan : Mohon Maaf, Ini Pamitan, Mari Kita Tunggu Tanggal Mainnya
kompas.com
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo Memberikan Keterangan Pers Usai Putusan Sidang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kemendagri, Jakarta, Selasa (9/5/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA — Jelang pengumuman Kabinet Kerja Jilid II, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memohon maaf dan pamit setelah melantik pejabat di lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (15/8/2019).

"Saya mohon maaf selama hampir 5 tahun kurang 1,5 bulan ini ada hal-hal yang kurang berkenan, berbagai sikap, pernyataan, kebijakan," kata Tjahjo dalam sambutannya.

"Tentu ada kekhilafan. Saya mohon maaf sebesar-besarnya," ujar dia.

Dilansir dari Kompas.com, Tjahjo bahkan kemudian menyampaikan pamit secara resmi. Dia memahami bahwa tugasnya akan selesai dalam beberapa hari terakhir ini.

"Ini pamitan saya resmi, mungkin tidak bisa bertemu karena akan selesainya masa tugas Kabinet Kerja 1. Untuk selanjutnya, mari kita tunggu tanggal mainnya, bagaimana komposisi kabinet berikutnya," kata Tjahjo.

Baca: Jokowi Sebut Akan Tambah Dua Kementerian di Kabinet Kerja Jilid II, Kementarian Lama Akan Dilebur

Tjahjo mengatakan, dirinya memegang prinsip TNI dalam menjalani hidupnya, yakni taat instruksi.

Dengan demikian, apabila tidak dipercaya lagi mengemban amanah untuk menjadi menteri di kabinet berikutnya, ia pun mengaku siap.

"Saya berpegang pada prinsip TNI. Taat instruksi. Dipensiunkan siap, diberi tugas siap, tidak diberi tugas, saya tetap mendukung pemerintahan yang saya dukung ini," kata dia.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan DKPP atas kerja sama selama lima tahun ini.

Terlebih, kata dia, selama lima tahun ini, hampir 3 tahun di antaranya waktu yang dilewati dihabiskan dengan Komisi II DPR.

Baca: Beredar di Whatsapp, Susunan Kabinet II Jokowi-Maruf, Ada Najwa Shihab, Mahfud MD dan Fadli Zon

Mulai dari pansus menyusun UU Pemilu selama 2 tahun serta pilkada serentak yang berlangsung tiga kali.

Termasuk juga sinergi antara pihaknya dan kepolisian, TNI, dan Gakumdu yang telah berjalan dengan baik.

"Saya kira prestasi kebersamaan untuk persiapan jangka pendek pilkada serentak 2020 dan 2024 sebagaimana ketentuan UU dan dalam rangka mempersiapkan pilpres dan pileg tahun 2024," kata dia.

(Penulis : Deti Mega Purnamasari/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tjahjo Kumolo: Mohon Maaf, Ini Pamitan Saya Resmi...", https://nasional.kompas.com/read/2019/08/15/12230391/tjahjo-kumolo-mohon-maaf-ini-pamitan-saya-resmi?page=all.

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved