Berita Banjarmasin

Saksikan Taptu, Ratusan Nyala Obor Pukau Warga Banjarmasin

Ratusan warga di Jalan S Parman, Kota Banjarmasin antusias menyaksikan pawai obor menjelang peringatan ke-74 HUT Kemerdekaan RI

Saksikan Taptu, Ratusan Nyala Obor Pukau Warga Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Saksikan Taptu, Ratusan Nyala Obor Pukau Warga Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ratusan masyarakat Banjarmasin antusias berkumpul di pinggir Jalan S Parman Banjarmasin Tengah tepatnya muka Mapolda Kalsel pada Jumat (16/8/2019) malam.

Setiap muka gang tampak warga masyarakt baik tua, muda hingga anak-anak bergerombol sejak usai salat Magrib,

Kehadiran masyarakat ini sepertinya menjadi tradisi tahunan untuk menyaksikan aksi pawai malam Tahapan Persiapan Tujuh Belas Agustus yang dikenal dengan sebutan Taptu ataU kerap dIsebut juga pawai obor.

Sejumlah eleman masyarakat pun terlihat dalam acara pawai ini seperti unsur TNI ,Sat Pol PP, Pramuka, hingga komunitas sepeda tua dan elemen masyarakat lainnya . Tak ketinggalaan beberapa marching band juga turut memeriahkan acara ini.

Baca: LINK Live Streaming Upacara Pengibaran Merah Putih HUT RI di Istana via Kompas TV, TVOne & RCTI

Baca: Sempat Heboh, Ini Kondisi Terkini Benjolan di Leher Raffi Ahmad, Suami Nagita Slavina Lakukan Ini

Baca: Terang-terangan, Barbie Kumalasari Pilih Kriss Hatta Ketimbang Galih Ginanjar, Ini Alasannya

Baca: Padamkan Kebakaran Lahan di Candi Laras Utara, Satgas Karhutla Gunakan Sarana Perahu

Acara sendiri dimulai dengan penyalaan obor yang dilakukan oleh Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Yazid Fanani.

Begitu obor dinyalakan rangkian pawai pun dimulai. Para eserta pawai tampak bergerak dengan menyusuri Jalan S Parman, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan DI Panjaitan.

Alunan musik marching band pun menghentak membuat masyarakat semakin ramai menyaksikan ditambah dengan kilauan nyala obor membuat suasana pawai Taptu semakin meriah. Bahkan tak ketinggalan Kai Api pun ikut pawai seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Ia setiap malam 17 Agustus biasa lihat pawai ini. Ajak anak+anak karena mereka senang lihatnya. Terutama musik drumb band dan obor," ucap satu ibu bernama Yani yang melihat pawai bersma dua anaknya.

Selain Kapolda Irjen Yazid Fanani dan jajaran pejbat utama Polda, hadir pula Kajati Kalsel Arie Arifin SH , Sekda Kalsel Abdul Haris Makkie, Dewan Kalsel Burhanuddin serta usur Forkopinda Kalsel , unsur TNI.

Kapolda Irjen Yazid Fanani menuturkan acara Taptu ini sebagai implementasi kecintaan kita kepada NKRI dan ini adalah simbuil melaksanakan mengenang kembali jasa-jasa pahlawan yang gugur mendahului kita.

"Insyaallah nanti akan kita lanjutkan dengan renungan suci dan besok (hari ini, Red) kita bersama-sama laksanakan upacara hari kemerdekaan 17 Agustus," ucap Kapolda usai melepas pesert pawai.

Sebagai warga negara RI, kita kita harus menyadari Keemerdekaan itu bukan hadiah tapi kemerdekaan itu perjuangan oleh pahlawan kita dan kita sebagai generasi penerus wajib mengisi kemerdekaan itu dengan pembangunan.

Baca: Pembakar Lahan di Banjarbaru Terekam Drone, BPBD Ungkap Diduga untuk Pembukaan Lahan Perumahan

Baca: Jadwal Siaran Langsung SCTV Timnas U-18 Indonesia vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U-18 2019

Baca: 156 Mahasiswa Kalsel Mendaki Gunung Halau-Halau HST, Gelar Upacara Kemerdekaan RI di Puncak

"Dan harapannya kedepan warga Banua semakin maju dan sejahterta dalam mengisi pembangunan ini," ucap Yazid.

Dan situasi kondusif seperti sekarang ini adalah modal utama dalam pembangunan dimana jika tak kondsuf tentu pembangunan tidak bisa dilaksanakan dengan baik.

(Banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved