Saraba Kawa

Bupati Pimpin Upacara Detik Detik Proklamasi Ke 74 di Tabalong, Serahkan Remisi Kemerdekaan

Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 tahun 2019 di Kabupaten Tabalong berlangsungdi Halaman Pendopo Bersinar

Bupati Pimpin Upacara Detik Detik Proklamasi Ke 74 di Tabalong, Serahkan Remisi Kemerdekaan
Dinas Kominfo Tabalong
Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si menjadi inspektur upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-74 di Halaman Pendopo Bersinar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 tahun 2019 di Kabupaten Tabalong berlangsung dengan khidmad.

Upacara yang diselenggarakan di Halaman Pendopo Bersinar Kelurahan Pembataan ini dipimpin langsung oleh inspektur upacara Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si.

 Upacara diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), Pelajar, Mahahsiswa dan masyarakat.

Bertugas sebagai Perrwira Upacara Kapten Infanteri Hartono, Komandan Upacara Letnan Dua Sugiyanto, Komandan Kompi 1 Pembantu Letnan Dua Rahmadi, komandan Kompi 2 Sersan Mayor Basuki, Komandan Kompi 3 Ajun inspektur polisi dua Makmur Effendi S.AP, Komandan Kompi 4 Ajun Inspektur Polisi dua Deny Fahruzi. Dan selaku komandan pasukan Paskibra Pembantu Letnan dua Agus Suprianto.

 Upacara semakin khidmad saat pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Tabalong Darwin Awi yang diawali dengan dinyalakannya sirine sebagai tanda detik detik proklamasi.

Pengibaran bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi ke-74 kemerdekaan RI di Tabalong
Pengibaran bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi ke-74 kemerdekaan RI di Tabalong (Dinas Kominfo Tabalong)

Seluruh peserta upacara yang tengah berdiri juga melanjutkan dengan menundukkan kepala dalam proses menyanyikan lagu mengheningkan cipta.  

Dilanjutkan dengan Doa kenegaraan dan persiapan pengibaran bendera merah putih.

 Selaku pengibar bendera adalah Hendri Setiawan sebagai penggerek bendera Hidayatullah sebagai penerima bendera pusaka dan Ahmad Nawawi sebagai pembentang bendera pusaka. Bendera merah putih berhasil dikibarkan dengan sempurna yang diiringi dengan Lagu Indinesia Raya.

 Diakhir upacara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyerahkan pemberian remisi kepada empat orang tahanan secara simbolis.

Pengibaran bendera merah putih
Pengibaran bendera merah putih (Dinas Kominfo Tabalong)

Selama proses upacara tim medis dari Dinas Kesehatan Tabalong juga berjaga, pasalnya selama proses upacara terdapar dua peserta yang mendapat pertolongan kesehatan.

 Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dan Wakil Bupati Tabalong H Mawardi beserta Rombongan Forum Koorrdinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tabalong melanjutkan kegiatan dengan melakukan tabur bunga di Makam Pahlawan dan dilanjutkan dengan silaturrahmi kepada para veteran yang menjadi saksi perebutan kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Tabalong
Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Tabalong (Dinas Kominfo Tabalong)

Hari Ulang Tahun Proklamasi dilanjutkan dengan penurunan bendera yang juga masih dilaksanakan di Pendopo. Pada malam hari dilanjutkan dengan ramah tamah yang diikuti oleh seluruh pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong. (adv)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved