Berita Banjarbaru

Menteri Pariwisata Arief Yahya Dukung Meratus Diusung Menjadi Geopark International

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mendukung Geopark Pegunungan Meratus yang sudah bersertifikat nasional untuk ditingkatkan menjadi internasional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya Dukung Meratus Diusung Menjadi Geopark International
banjarmasin post.co.id/kaspul anwar
Gubernur Kalsel H Sahbirin saat deklarasi Geopark Meratus di Kiram Park, Cempaka, Kabupaten Banjar, Sabtu (24/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Menteri Pariwisata, Arief Yahya sangat mendukung Geopark Pegunungan Meratus yang sudah bersertifikat nasional untuk ditingkatkan menjadi internasional.

Menurutnya banyak keuntungan yang didapat dengan memegang serifikat dari Unesco.

Menurut Arief, Kalsel harus punya ikon pariwisata berskala internasional. Disebutnya, jika hanya untuk yang berskala nasional, maka Menpar tidak perlu hadir.

"Untuk mendapatkan sertifikat Unesco Global Geopark memang tidak mudah, tapi sekali mendapatkannya akan relatif mudah menjualnya. Geopark itu, kita lestarikan lingkungan dan kebudayaan Kalsel, dengan begitu semoga mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat, " ujar Arief ketika di Banjarbaru.

Baca: Mulai Digemari, BRT Semakin Ba

Baca: LINK Live Streaming Bein Sports 1 Celta vs Real Madrid Liga Spanyol, Live Beinsports 1 Malam Ini

nyak Angkut Penumpang dari Banjarbaru-Banjarmasin

Baca: Kedekatan Ussy Sulistiawaty & Andre Taulany Diungkap Raffi Ahmad, Ini Dalih Istri Andhika Pratama

Baca: Menteri Jonan Pimpin Upacara HUT RI di Area Freeport Tembaga Pura, Bupati Timika Marah Karena Ini

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq berharap dengan kedatangan menteri, pariwisata Kalsel semakin berkembang, termasuk wisata alam yang berada di wilayah kawasan hutan.

Saat di Pesanggrahan Tahura Sultan Adam telah dipaparkan lokasi dan potensi wisata alam atau ekowisata serta geosite yang ada di provinsi Kalimantan Selatan.

"Harapan kita semoga bapak menteri pariwisata berkenan memperkenalkan objek-objek wisata alam atau ekowisata di Kalsel kepada khalayak luas dan kementerian pariwisata dapat sharing program-program mereka ke Provinsi Kalsel," urainya.

Bahkan dukungan itu pun disampaikan dakam Rapat Koordinasi wilayah kepariwisataan dengan menghadirkan Mentri Pariwisata Arief Yahya sekaligus peluncuran Calender Of Event Wisata Kalsel.

Baca: Diserang Orang Tak Dikenal Pakai Celurit, Anggota Polisi Polsek Wonokromo Aiptu Sumartono Terluka

Baca: LIVE MOLA TV - Cara Live Streaming Southampton vs Liverpool Liga Inggris 2019, Siaran Langsung TVRI

Kepala Bapedda Kalsel, Fajar Desira, Sabtu (17/8/2019) menyebutkan unggulan Pariwisata Kalsel sebagai destinasi wisata Waduk Riam Kanan Kabupaten Banjar, Bambo Rafting Loksado di Hulu Sungai Selatan, Pasar Terapung Banjarmasin, Taman hutan TAHURA dan istimewa Geopark Meratus (red. Pegungungan Meratus) yang didalamnya ada 20 potensi wisata sebagai destinasi diusulkan kepada UNESCO untukmendapatkan sertifikasi Internasional sebagai Taman Pegunungan GEOPARK MERATUS.

Kemudian untuk mendukung kawasan wisata tersebut Pemprov Kalsel Gubernur Sahbirin Noor sudah menyusun kebijakan langkah langkah yang harus dilaksanakn guna menunjang kelancaran dari potensi wisata kalsel tersebut dalam sebuah RPJMD Kalsel, ujar Fajar. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved