Berita Kebupaten Banjar

Momen Agustusan di Martapura Bikin Warga Kabupaten Banjar Ini Girang, Begini Keseruannya

Kemeriahan suasana memang selalu terperi pasa momentum Agustusan atau Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Begitu pun pada HUT ke-74

Momen Agustusan di Martapura Bikin Warga Kabupaten Banjar Ini Girang, Begini Keseruannya
Kominfo Kabupaten Banjar
Pawai obor di Kota Martapura berlangsung sangat semarak, Jumat (16/8) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kemeriahan suasana memang selalu terperi pasa momentum Agustusan atau Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Begitu pun pada HUT ke-74 tahun 2019 ini.

Beragam pernak-pernik Merah Putih bertebaran dimana-mana. Tak cuma di seluruh penjuru kota, tapi hingga ke perdesaan. Demikian pula yang terlihat di seluruh penjuru wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Kesemarakan suasana memeriahkan Hari Kemerdekan yang puncaknya diperingati pada 17 Agustus juga telah terlihat sejak awal Agustus lalu. Terutama di wilayah Kota Martapura.

Tak cuma kemeriahan oleh pernak-pernik Merah Putih, tapi juga oleh beragam kegiatan seperti lomba-lomba rakyat, atraksi seni hingga pawai obor.

Baca: Link Live Streaming Upacara Pengibaran Bendera HUT RI ke 74 di Istana Negara via Kompas TV TV One

Baca: Hasil Sidang di MPR, DPR, dan DPD Kemarin, 5 Pernyataan Jokowi Terkait Pemindahan Ibu Kota

Baca: Hasil dan Klasemen Liga 1 2019 Pekan Ke-14, Juaran Bertahan Gagal Move On dari Zona Degradasi

Seperti di daerah lainnya, malam sebelum hari 'H' 17 Agustus, di Kota Martapura juga digelar pawai obor. Kegiatan rutin tahunan ini dihadiri langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman sehingga suasananya pun makin meriah.

Hal itu menjadi hiburan tersendiri bagi warga Kota Martapura. "Semarak banget, seru dan meriah pokoknya malam tadi. Baru sekali ini saya melihat pawai obor, jadi asli seneng banget," ucap Norman, warga Martapura.

Pekerja swasta ini menuturkan dirinya bahkan turut bergerak mengiringi peserta pawai obor. "Saking senengnya, spontan aja ngikut jalan meski gak sampai jauh," akunya.

Ia mengaku selalu senang dan bahagia pada momentum Agustusan. "Siang ini saya akan keliling kota, karena biasanya kan banyak lomba rakyat seperti balap karung, panjat pinang dan lainnya. Asli itu seru banget, bisa jadi hiburan gratis," tandas warga Tanjungrema ini.

Pawai Obor tersebut bagian dari upacara Taptu menyambut HUT RI. Kegiatan itu diikuti ratusan peserta di Kabupaten Banjar, Jumat (16/08/2019) malam.

Kali ini upacara Taptu dan Pawai Obor itu diinspekturi oleh Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete. Hadir Bupati Banjar H Khalilurrahman, jajaran Forkopimda Banjar, pejabat teras Pemkab Banjar dan peringgi instansi vetikal serta ratusan peserta pembawa obor yang terdiri dari pelajar, TNI, Brimob, anak-anak binaan Polres Banjar serta masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved