Berita Regional

Perlu Dana Rp 4 Triliun Renovasi Venue PON 2020, Gubernur Papua Akan Temui Presiden Jokowi

Waktu penyelenggaraan PON XX 2020 di Papua tinggal sekitar 14 bulan dan Gubernur Papua Lukas Enembe berencana akan menemui Presiden joko Widodo.

Perlu Dana Rp 4 Triliun Renovasi Venue PON 2020, Gubernur Papua Akan Temui Presiden Jokowi
KOMPAS.com
Gubernur Papua Lukas Enembe usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Rabu (22/3/2017).(KOMPAS.com/IHSANUDDIN) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan masih dibutuhkan Rp 4 triliun untuk membangun dan merenovasi venue PON XX Papua 2020 beserta dengan perlengkapannya, padahal waktu penyelenggaraan tinggal sekitar 14 bulan.

Dilansir dari Kompas.com, Gubernur Papua Lukas Enembe berencana akan menemui Presiden joko Widodo untuk mengevaluasi persiapannya.

Enembe menegaskan, akan meminta dukungan penuh dari pemerintah pusat karena hingga kini masih banyak hal yang harus dikerjakan untuk penyelenggaraan PON.

"Ini agendanya Negara, PON bukan agenda daerah, kebetulan kami jadi tuan rumah. Kalau (PON) gagal, ya itu bukan kegagalan provinsi, ini kegagalan Negara," tutur Lukas, usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (17/8/2019).

Sebelumnya, Enembe sempat menyebut, bila dalam agenda pertemuan dengan presiden nanti, ada opsi untuk menunda pelaksanaan PON.

Baca: Naikan Iuran Penerima Bantuan BPJS Kesehatan Jadi Rp 48,8 Triliun, Begini Penjelasan Sri Mulyani

"Rencananya tanggal 19 Agustus, kami mau ketemu presiden untuk bicarakan ini, apakah penundaan, karena ini agenda nasional, bukan agenda daerah. Jadi, presiden bisa dengan kabinet baru. Inpres PON saja, sekarang baru masuk di Ibu Puan Maharani (Menko PMK). Jadi, kami mungkin minta waktu, kalau Jokowi setuju, yah mungkin ditunda ke 2021 atau 2022," kata dia.

Ia menyebut, salah satu alasan persiapan PON belum maksimal adalah masalah anggaran.

Setidaknya, dibutuhkan lagi Rp 4 triliun untuk membangun dan merenovasi venue PON beserta dengan perlengkapannya.

Untuk memenuhi jumlah tersebut, ia menegaskan APBD tidak bisa menutupinya sehingga ia berharap pusat bisa mengambil alih.

"Untuk PON saja kami masih butuh anggaran Rp 4 triliun, kecuali negara mau turun tangan," kata dia.

Namun, Enembe memastikan keputusan mengenai PON 2020 ada di tangan Presiden Joko Widodo, sehingga ia berharap ada keputusan yang merupakan solusi terbaik bagi semua pihak.

(Penulis : Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PON 2020 Terancam Tertunda, Gubernur Papua Akan Temui Presiden Jokowi", https://regional.kompas.com/read/2019/08/17/15324231/pon-2020-terancam-tertunda-gubernur-papua-akan-temui-presiden-jokowi.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved