Berita Kabupaten Banjar

Upacara Tujuhbelasan di Lapas Anak Martapura Ini Berjalan Khidmat, Bocah Penghuni Lapas Terlibat

Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia menggetarkan seluruh penjuru penjuru Bumi Pertiwi, Sabtu (17/08/2019) pagi ini. Begitu halnya

Upacara Tujuhbelasan di Lapas Anak Martapura Ini Berjalan Khidmat, Bocah Penghuni Lapas Terlibat
Robbuanoor untuk Banjarmasinpost.co.id
Suasana upacara HUT ke-74 RI di LPKA Martapura berlangsung khidmat dan lancar, Sabtu (17/08/2019) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia menggetarkan seluruh penjuru penjuru Bumi Pertiwi, Sabtu (17/08/2019) pagi ini. Begitu halnya di Kabupaten Banjar.

Di berbagai tempat, di kota hingga di perdesaan, upacara mempeperingati hari kemerdekaan RI mudah terlihat. Bendera, umbul-umbul dan pernak-pernik merah putih pun bertebaran dimana-mana.

Seluruh penduduk hari ini larut dalam kekhidmatan dan kegembiraan memaknai Hari Kemerdekaan. Tak cuma warga umum, tapi mereka yang kini berada di balik terali besi pun juga turut memaknai hari bersejarah tersebut.

Contohnya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura dan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA, Karangintan. Suasana khidmat juga begitu terasa saat pelaksanan upacara HUT ke-74 RI pagi ini.

Upacara HUT RI di lingkungan LPKA Kelas I Martapura bahkan dilaksanakan lebih pagi yakni sekitar pukul 07.45 Wita. Pelaksanaannya di halaman depan dan berdurasi sekitar satu jam.

Baca: Gadis Ini Tenggelam dalam Lautan Imajinasi Fantasi, Cerella Koleksi Buku Horror, Thriller & Misteri

Baca: 50 Ucapan Selamat Kata Mutiara HUT RI ke-74 atau Hari Kemerdekaan RI 2019 Bahasa Inggris dan Artinya

Baca: Momen Agustusan di Martapura Bikin Warga Kabupaten Banjar Ini Girang, Begini Keseruannya

Keluarga besar LPKA setempat khidmat mengikuti upacara tersebut yang dipimpin langsung oleh Kepala LPKA Martapura Muhammad Latif Safiudin sebagai inspektur (pembina) upacara.

Selain puluhan (85 orang) pegawai LPKA Martapura, anak didik pemasyarakatan (andikpas) setempat sebanyak 52 orang juga mengikuti upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus itu.

Suasananya berlangsung khidmat dan lancar. Semua peserta upacara meresapi amanat pembina upacara yang intinya menyeru untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat tinggi berkarya terbaik untuk kemajuan Tanah Air.

Lancar suksesnya pelaksanaan upacara di LPKA Martapura tersebut tak lepas dari kesiapan yang dilakukan beberapa hari sebelumnya. Seperti kesigapan petugas pengibar bendera yang berjumlah sembilan orang, sebelumnya mereka telah menjalani latihan khusus.

"Latihannya selama tiga hari dibimbing oleh petugas senior yakni Dzulfikar dan Eko susilo," ucap Kepala LPKA Martapura Muhammad Latif Safiudin didampingi Kasubsi Klasifikasi merangkap Humas, Robbyanoor.

Sehari sebelumnya atau pada Jumat (16/08/2019, juga telah dilakukan gladi upacara HUT RI. Meski hanya gladi, namun pelaksanaannya juga mirip upacara sungguhan.

Meski upacara HUT RI merupakan kegiatan rutin tahunan tiap 17 Agustus, namun keluarga besar LPKA Martapura sejak dulu selalu mengawalinya dengan persiapan khusus. Di antaranya latihan intensif petugas pengibar bendera dan gladi sehari sebelum hari 'H.'

Seusai memimpin upacara, Kepala LPKA Martapura Muhammad Latif Safiudin pun langsung bergerak. Ia menuju ke Alun-alun Ratu Zalecha di kawasan Jalan A Yani, Martapura, guna mengikuti upacara HUT ke-74 RI kabupaten bersama Bupati Banjar H Khalilurrahman dan petinggi daerah lainnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved