Berita Banjarmasin

Dua Partai ini Nilai Metode Sainte Lague Merugikan Partai Besar

Rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) termasuk Pemilu Legislatif (Pileg) Tahun 2019 di Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah selesai dengan

Dua Partai ini Nilai Metode Sainte Lague Merugikan Partai Besar
banjarmasinpost.co.id/acm
Perwakilan Parpol Peserta Pileg Kalsel 2019 Tandatangani Hasil Penetapan Pileg Kalsel 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) termasuk Pemilu Legislatif (Pileg) Tahun 2019 di Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah selesai dengan ditetapkannya hasil Pemilu 2019 oleh KPU Provinsi Kalsel Pada Sabtu (10/8/2019).

Tak ada perubahan signifikan pada papan atas perolehan kursi Parlemen Kalsel dibanding Pileg 2014 lalu walaupun pada Pileg Tahun 2019 menggunakan sistem Sainte Lague untuk perhitungan konversi suara ke perolehan kursi.

Dimana perolehan kursi Parlemen Kalsel masih dipuncaki Partai Golkar diikuti PDIP dengan masing-masing perolehan kursi 12 dan 8 kursi sedangkan Partai Gerindra merangsek ke urutan ketiga juga dengan 8 kursi.

Golkar memang mengalami penurunan perolehan kursi dibanding Pileg sebelumnya yang berhasil amankan 13 kursi.

Baca: Penampakan Istri Cantik Didi Kempot, Mirip Via Vallen, Nella Kharisma, Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting?

Baca: Kemiripan Putri Ibas dengan Ani Yudhoyono Diungkap Aliya Rajasa, Rupanya Cucu SBY Lakukan Ini

Baca: Soal Ayu Ting Ting, Nagita Slavina Sebut Percaya Orang Terdekat dari Istri Raffi Ahmad

Baca: Curhat Veronica Tan untuk Perempuan Disorot, Sindir Puput Nastiti Devi, Istri Ahok BTP?

Menurut Ketua Harian DPD Partai Golkar Provinsi Kalsel, H Supian HK, diluar faktor dinamika politik, sistem Sainte Lague yang digunakan pada Pileg 2019 sedikit banyak merugikan partai besar termasuk DPD Partai Golkar Provinsi Kalsel.

Pasalnya menurut Calon Ketua DPRD Provinsi Kalsel Periode 2019-2024 ini, penurunan perolehan kursi terjadi padahal rata-rata perolehan suara Partai Golkar di Kalsel tak secara signifikan turun.

H Supian HK mencontohkan hasil Pileg pada Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel 5 meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Tabalong dan Balangan dimana Partai Golkar hanya mendapatkan 2 kursi sama seperti Pileg 2014.

Padahal menurutnya di Dapil tersebut perolehan suara Partai Golkar meningkat cukup signifikan dari kurang lebih 61 ribu suara pada Pileg 2014 menjadi kurang lebih 74 ribu pada Pileg 2019.

Hal yang sama juga dinilainya terjadi di Dapil Kalsel 2 di Kabupaten Banjar, dimana Partai Berlogo Pohon Beringin ini juga tetap mendapatkan 2 kursi sama dibanding Pemilu sebelumnya.

Padahal di daerah ini Partai Golkar peroleh kurang lebih 84 ribu suara naik dibanding perolehan pada Pileg 2014 sebanyak kurang lebih 79 ribu suara.

Halaman
123
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved