Berita Jakarta

Istora Bergemuruh Setelah Susi Sebut Kebijakan Penenggelaman Berhasil Usir 10.000 Kapal Ilegal

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memastikan kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing yang dilakukan 5 tahun terakhir bukanlah

Istora Bergemuruh Setelah Susi Sebut Kebijakan Penenggelaman Berhasil Usir 10.000 Kapal Ilegal
dok Kementerian Kelautan dan Perikanan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melihat penenggelaman 13 kapal nelayan pencuri ikan di Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (4/5/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memastikan kebijakan penenggelaman kapal illegal fishing yang dilakukan 5 tahun terakhir bukanlah hal yang sia-sia.

Menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat itu mengtakan, kebijakan penenggelaman kapal membuat banyak kapal pelaku pencurian ikan (illegal fishing) asing lari dari laut Indonesia.

"Setelah kapal Illegal fishing kita tenggelamkan, lebih dari 10.000 kapal asing Ilegal keluar dari Indonesia," ujarnya saat bicara dalam acara Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Mendengar kata-kata Susi itu, Istora bergemuruh. Para peserta yang mayoritas anak-anak muda bertepuk tangan untuk mengapresiasi kebijakan tersebut.

Baca: Pertemuan Mengharukan Setelah 23 Tahun, Driver Ojol: Wajah Melanie Subono Merah Kayak Mau Nangis

Baca: Cekcok Mulut dengan Aguero Saat laga Man City Vs Tottenham, Begini Penjelasan Pep

Baca: Sosok Orang Ketiga Pemutus Hubungan Ruben Onsu dan Vanessa Angel Diungkap pada Ivan Gunawan Cs

Susi mengatakan, tanpa kebijakan berani menenggelamkan kapal pelaku Illegal fishing itu, Indonesia tidak akan bisa mengusir lebih dari 10.000 kapal Illegal fishing itu.

Pasca kebijakan itu ucap Susi, ikan-ikan di laut Indonesia melimpah. Sebab banyak para pelaku Illegal fishing yang tidak lagi berani menangkap ikan di laut Indonesia.

Hal ini ungkapnya merupakan berkah untuk para nelayan Indonesia. Dengan pasokan ikan yang melimpah, nelayan pun bisa makin banyak dapat tangkapan ikan.

Susi memahami kebijakan penenggelaman kapal itu banyak juga menuai dikritik.

Namun ia memastikan, kebijakan itu perlu diambil karena sudah lama para pelaku Illegal fishing mencuri ikan dari laut Indonesia.

"Kalau mau ngusir 10.000 kapal ilegal tanpa kebijakan itu ya enggak bisa," ucapnya.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved