Berita Banjarbaru

Kebakaran Lahan di Kabupaten Tapin Selalu Dekat Perkebunan Sawit, Mungkinkah Ini Disengaja?

Di Kabupaten Tapin sering terjadi kebakaran lahan, namun uniknya kebakaran paling sering terjadi tidak jauh dari lokasi perkebunan Sawit.

Kebakaran Lahan di Kabupaten Tapin Selalu Dekat Perkebunan Sawit, Mungkinkah Ini Disengaja?
Satgas BPBD Kalsel
Kebakaran Lahan di Kabupaten Tapin Selalu Dekat Perkebunan Sawit, Mungkinkah Ini Disengaja? 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Di Kabupaten Tapin sering terjadi kebakaran lahan, namun uniknya kebakaran paling sering terjadi tidak jauh dari lokasi perkebunan Sawit.

Patroli udara melihat pada Jumat (18/8/2019) di Tapin Tengah ada kejadian lahan meski di luar sawit namun api terjadi di areal lain yang ada di dekatnya.

Apakah ini dibiarkan? Banjarmasinpost.co.id mencoba menahan data ini namun dalam patroli kedua, pada 10 Agustus ketika siang juga ada lahan yang terbakar. Lagi-lagi di lokasi tak jauh dari perkebunan sawit.

Bahkan pesawat patroli kala itu sempat terbang rendah untuk memastikan.

Terbaru, Minggu (18/8/2019) dalam pengamatan udara juga terpantau ada kebakaran di luar area sawit. Namun jika tampak dari udara itu tak jauh dari sawit.

Baca: Hubungan Intim Diceritakan di Youtube Rey Utami & Pablo Benua, Penyanyi Ini Ngaku Ingat Dosa

Baca: Mulan Jameela Tulis Kopiah Kegedean Saat HUT RI, Eks Rekan Duet Maia Estianty Kenang Jadi Paskibra

Baca: Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Kotabaru Suskes, Pertama Kali di Kalimantan Selatan

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Sahruddin, menjelaskan sejauh ini pihak BPBD yang koordinator dari Satgas Udara adalah melaporkan hasil patroli udara.

"Memang untuk mengetahui itu lahan siapa apakah kooporasi atau perorangan dan dugaannya pembiaran terhadap kejadian karhutla itu perlu dialami lagim Dan yang punya kewenangan itu adalah yang punya kawasan terkhusus penegakan hukum," kata Sahruddin.

Dijelaskannya, sejauh ini udara hanya bisa melaporkan adanya asap karena karhutla.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin Noor, menjelaskan bahwa sejauh ini sudah ada lima terekam Drone dan sudah dilaporkan ke satgas penegak hukum.

Diuraikan Wahyuddin, lima kejadian itu ada dugaan pelakunya dua orang dan ada satu orang. "Itu sudah dilaporkan dan diharapkan penegakan hukum bisa mengambil tindaklanjuti," Lontar Wahyuddin.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved