Berita Tapin

Lahan Kebun Cabai Dipadamkan Bom Air, Sehari Tapin Dilanda Enam Peristiwa Kebakaran Lahan

Satgas gabungan Karhutla di kantor BPBD Kabupaten Tapin bersama Subsatgas 09-08 berhasil memadamkan kobaran api di lahan bekas kebun karet tersebut.

Lahan Kebun Cabai Dipadamkan Bom Air, Sehari Tapin Dilanda Enam Peristiwa Kebakaran Lahan
HO/BPBD Tapin
Helikopter BNPB melakukan bom air memadamkan kobaran api yang membakar lahan semak belukar dan kebun cabai di Desa Sungai Rutas Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Minggu (18/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Peristiwa kebakaran lahan di Jalan Ahmad Yani Desa Binderang, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin yang hanya berjarak lima meter dari akses jalan nasional dan perumahan padat penduduk, Minggu (18/8/2019) sekitar pukul 11.00 Wita.

Posko Induk Komando Satgas gabungan Karhutla di kantor BPBD Kabupaten Tapin bersama Subsatgas 09-08 berhasil memadamkan kobaran api di lahan bekas kebun karet tersebut.

Kasus kebakaran lahan di Desa Binderang itu menjadi atensi Polres Tapin untuk melakukan penyelidikan terhadap kebakaran lahan tersebut.

Kabag Ops Polres Tapin, AKP Raindhard Maradona dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id berjanji menurunkan Satreskrim Polres Tapin melakukan penyelidikan.

Sementara itu, laporan dari Pusdalops BPBD Kabupaten Tapin, personel Posko Induk, seharian itu peristiwa kebakaran yang dilaporkan totalnya enam kejadian kebakaran lahan.

Baca: Kebakaran Lahan di Kabupaten Tapin Selalu Dekat Perkebunan Sawit, Mungkinkah Ini Disengaja?

Pukul 10.54 Wita, kebakaran lahan terjadi di Desa Pulau Pinang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. Lahan yang terbakar berupa semak belukar sekitar 2 hektare.

Kebakaran lahan di Desa Pulau Pinang itu karena regu pemadam swasta menurunkan mobil tangki air sehingga Subsatgas 9-04 di Kelurahan Raya Belanti pekerjaannya sedikit ringan.

Personel Subsatgas 9-07 di Kecamatan Candi Laras Selatan mengalami kesulitan mendekati titik kebakaran lahan, sekitar pukul 11.55 Wita.

Api membakar lahan semak belukar di Desa Sungai Rutas, sekitar 1,5 hektare dan sekitar 0,5 hektare lahan perkebunan cabai.

Pemadaman menggunakan bom air dari helikopter BNPB dibantu mesin pompa air portabel dari masyarakat sehingga api lahan berhasil dipadamkan.

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved