Berita Tabalong

Ruang Inap di Puskesmas Tanta Bakal Dibangun Tahun 2020, Ini Penjelasan Dinkes Tabalong

Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Kesehatan berencana untuk meningkatkan Puskesmas Tanta dengan menambah ruang rawat inap.

Ruang Inap di Puskesmas Tanta Bakal Dibangun Tahun 2020, Ini Penjelasan Dinkes Tabalong
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Puskesmas Tanta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Kesehatan berencana untuk meningkatkan Puskesmas Tanta dengan menambah ruang rawat inap.

Penyediaan ruang rawat inap di Puskesmas Tanta dirasa perlu karena jumlah penduduk yang cukup banyak dan letaknya cukup jauh dari rumah sakit.

Hal ini disampaikan dr Taufiqurrahman saat menghadiri operasi katarak massal di Puskesmas Tanta beberapa waktu lalu. Lahan yang tersedia di Puskesmas Tanta masih cukup luas sehingga tidak akan sulit untuk melakukan penambahan ruangan.

“Pada 2020 nanti akan dibangun ruang inap sehingga diharapkan bisa direalisasikan dan difungsikan setelah ditahun yang sama,” ujarnya. Saat ini warga untuk menuju Rumah Sakit Badaruddin Kasim Maburai memang cukup jauh.

Baca: Hubungan Intim Diceritakan di Youtube Rey Utami & Pablo Benua, Penyanyi Ini Ngaku Ingat Dosa

Baca: LIVE TVRI - Jadwal Siaran Langsung BWF World Championship 2019 : Marcus/Kevin & Ahsan/Hendra Main

Baca: Sah Jadi Pengantin! Video Malam Pertama Cut Meyriska & Roger Danuarta di Kamar Dishare Sahabat

Dan dengan adanya rawat inap dan IGD 24 jam maka sewaktu waktu warga Tanta dan sekitarnya yang memerlukan penanganan medis bisa langsung menuju Puskesmas Tanta. Selain alat fasilitas rawat inap juga akan dilakukan penambahan untuk alat kesehatan dan tenaga kesehatannya.

Untuk pembangunana ruang rawat inap memerlukan amggaran sekitar 2 hingga 3 miliar untuk kapasitas 10 hingga 15 bed. Saat ini di Kabupaten Tabalong terdapat 18 Puskesmas tiga diantaranya telah tersedia layanan ruang rawat inap yaitu Puskesmas Muara Uya, Haruai dan Kelua. Sedangkan Puskesmas yang masih akan diusulkan untuk mendapatkan pembangunan ruang rawat inap adalah Puskesmas Tanta, Wirang dan Bintang Ara.

Selain meningkatkan infrastruktur Dinas Kesehatan juga terus mengupayakan untuk meningkatan kualitas pelayanan dengan mendorong seluruh Puskesmas untuk dengan maksimal mengikuti tahapan akreditasi.

Khusus untuk Puskesmas Mabuun rencananya akan dibangun layanan IGD 24 jam, Puskesmas Mabuun barada di akses utama menuju Provinsi Kalimantan Timur, dengan adanya IGD jika ada kecelakaan lalu lintas bisa langsung ditangani meskipun dimalam hari.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved