Berita Tanahlaut

Tanahlaut Kucurkan Dana Rp 2.889 M untuk Pemasangan Pipa PDAM, Dukung Spam Regional Banjar Bakula

Sejumlah pipa yang rencananya dimanfaatkan sebagai saluran air nampak membentang pada sepanjang jalan Desa Sungairasau, Kecamatan Bumimakmur

Tanahlaut Kucurkan Dana Rp 2.889 M untuk Pemasangan Pipa PDAM, Dukung Spam Regional Banjar Bakula
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Galian tanah di Desa Sungairasau Tanahlaut disiapkan untuk pemasangan pipa PDAM. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejumlah pipa yang rencananya dimanfaatkan sebagai saluran air nampak membentang pada sepanjang jalan Desa Sungairasau, Kecamatan Bumimakmur, Kabupaten Tanahlaut, Minggu (18/8/2019).

Pipa-pipa tersebut sebagian masih berada di daratan. Namun nampaknya ada pula yang sudah terpasang di dalam tanah. Terlebih terlihat galian memanjang di jalanan tersebut.

Pengerjaan proyek di Desa Sungairasau itu rupanya sebagai bentuk dukungan akan pembangunan SPAM Regional Banjar Bakula. Hal itu dijelaskan oleh Plt Kabid Cipta Karya dan Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Tanahlaut, Gusti Noviar.

Lelaki itu menerangkan, pelaksanaan pemasangan pipa merupakan upaya dari Pemda Tanahlaut untuk ke depannya mengalirkan air bersih ke lokasi tersebut.

Baca: Jadwal MotoGP Inggrsi 2019, Valentino Rossi Ungkap Makna Simbol Matahari dan Bulan di Helmnya

Baca: Ditolong Melanie Subono 23 Tahun Lalu, Driver Ojol Ini Sempat Berdoa untuk Keluarga Sang Artis

Baca: LINK Live Streaming Chelsea vs Leicester City Liga Inggris 2019 di Mola TV, Tak Siaran Langsung TVRI

"Pemasangan pipa ini untuk mendukung Spam Regional Banjar Bakula yang ditargetkan pada empat kecamatan," ujarnya.

Gusti menerangkan, dari empat kecamatan tersebut, beberapa di antaranya sudah terpasang. Adapun kecamatan yang menjadi sasaran ialah Kecamatan Tambangulang, Bati-Bati, Kurau dan Bumimakmur.

Sebagaimana diketahui, pada kecamatan tersebut, khususnya Kurau dan Bumimakmur dianggap rentan mengalami kekeringan. Selain itu, warga setempat kadang sulit mendapatkan air bersih. Terlebih apabila kondisi air sungai sedang asin dampak pasang naiknya air laut.

Pada pemasangan pipa yang memanjang di Desa Sungairasau itu, Gusti mengatakan kontrak untuk pengerjaan mencapai Rp 2.889 miliar. Sumber dana yakni APBD Pemkab Tanahlaut tahun 2019.

Jelasnya, sebagai unit tekhnis, tentunya memilki tugas dan fungsi masing-masing. Pada penanganan pemasangan sambungan pipa tersebut, pihaknya juga tak lepas berkoordinasi dengan PDAM Tanahlaut, yang mana ke depan akan berperan mengelola jaringan air disana.

"Pengelolaan nantinya akan diserahkan kepada pihak PDAM setelah selesai. Selain itu, selama perencanaan hingga pengerjaan, kami juga selalu berkordinasi dengan pihak PDAM," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved