Berita HST

Terima Dua Nama Cawabup HST, Unsur Pimpinan DPRD HST Konsultasikan ke Pemprov Kalsel dan Kemendagri

Ini menyusul surat Bupati Hulu Sungai Tengah A Chairansyah yang telah menyerahkan dua nama usulan dari tiga partai politik pengusung.

Terima Dua Nama Cawabup HST, Unsur Pimpinan DPRD HST Konsultasikan ke Pemprov Kalsel dan Kemendagri
banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
Bupati Hulu Sungai Tengah A Chairasnyah jelaskan keputusannya terkait Calon Wakil Bupati HST 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Dua nama calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) sisa masa jabatan 2016-2021 telah masuk untuk segera dipilih DPRD.

Ini menyusul surat Bupati Hulu Sungai Tengah A Chairansyah yang telah menyerahkan dua nama usulan dari tiga partai politik pengusung.

Dua nama yang diusulkan tiga parpol pengusung dari PKS, Partai Gerindra dan PBB adalah Faqih Jarjani yang merupakan mantan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah dan Sekretaris PWNU Kalsel Berry N Furqon.

Surat Bupati HST ini pun telah dibahas DPRD pada Jumat (16/8/2019) lalu.

Wakil Ketua Sementara DPRD Hulu Sungai Tengah, Saban Effendi, membeberkan jika surat dari bupati telah dibahas dewan, untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan berkonsultasi ke Biro Hukum Setdaprov Kalimantan Selatan di Banjarbaru serta Kemendagri di Jakarta.

Baca: Nama Calon Wabup HST Diserahkan Seusai Pemilu 2019, Parpol Pengusung Rapat dengan Bupati

“Untuk tindaklanjut dari surat Bupati HST, kami sudah membahas soal usulan dua nama calon wakil bupati. Selanjutnya, untuk menentukan seperti apa mekanisme pemilihan dua nama calon wakil bupati itu. Kami akan berkonsultasi ke Biro Hukum Setdaprov Kalsel di Banjarbaru," kata Ketua DPRD HST Periode 2014-2019, Minggu (18/8/2019)

Alasannya, agar DPRD HST tidak menyalahi prosedur dalam memilih dan menetapkan satu nama dari dua nama calon wakil bupati yang akan dipilih dalam rapat paripurna dewan.

“Rencananya, unsur pimpinan dewan, Selasa kami akan berangkat ke Banjarbaru untuk konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Kalsel. Usai berkonsultasi dari Pemprov Kalsel, dilanjutkan lagi ke Kemendagri di Jakarta,” katanya.

Ia mengatakan masih menunggu seperti apa hasil konsultasi ke Pemprov Kalsel dan Kemendagri sebagai dasar DPRD HST menggelar pemilihan calon wakil bupati. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved