Berita Banjarmasin

Tertinggi Regional Kalimantan, Direktur Joni bersyukur Poliban juga di Peringkat 21 Kemenristekdikti

Dari 50 PT vokasi, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) berada di peringkat 21.

Tertinggi Regional Kalimantan, Direktur Joni bersyukur Poliban juga di Peringkat 21 Kemenristekdikti
istimewa
Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Joni Riadi S.ST.,MT 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kemenristekdikti mengumumkan peringkat dan klasterisasi 100 PTN dan perguruan tinggi swasta (PTS) menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain peringkat PT non-vokasi (pendidikan akademik) seperti universitas, institut dan sekolah tinggi, Kemenristekdikti merilis peringkat PT vokasi (kejuruan) yang terdiri atas politeknik dan akademi. Dari 50 PT vokasi, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) berada di peringkat 21.

Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Joni Riadi S.ST.,MT ketika dikonfirmasi, Minggu (18/8/2019) mengatakan Klasterisasi tahun 2019 saat ini berfokus pd output dan outcome dengan bobot penilaian 60 persen.

"Jadi ke depannya kami berupaya terus meningkatkan pada capaian output dan outcome ini disamping juga input dan proses. Hal ini juga sesuai dengan instrumen akreditasi PT yang baru yang berbasis output dan outcome," ucap Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Joni Riadi S.ST.,MT kepada reporter banjarmasinpost.co.id.

Baca: Kemiripan Putri Ibas dengan Ani Yudhoyono Diungkap Aliya Rajasa, Rupanya Cucu SBY Lakukan Ini

Baca: Curhat Veronica Tan untuk Perempuan Disorot, Sindir Puput Nastiti Devi, Istri Ahok BTP?

Baca: Soal Ayu Ting Ting, Nagita Slavina Sebut Percaya Orang Terdekat dari Istri Raffi Ahmad

Baca: Belum Bisa Menandingi Avengers: Endgame, The Lion King Geser Posisi Black PAnther dari Box Office

Joni yang dilantik Menteri Riset teknologi dan Pendidikan tinggi Prof H Mohammad Nasir, Ak , Ph.d pada 6 Maret 2019 ini mengatakan Output-outcome ini misalnya dalam riset dan pengabdian masyarakat adalah bagaimana hasilnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat antara lain melalui teknologi tepat guna.

"Kami juga ke depan mengupayakan luaran berupa paten. Hal ini sesuai identitas kami sebagai pendidikan tinggi vokasi. Kemudian yang berikutnya Terkait kebijakan pemerintahan pak Jokowi saat ini yaitu peningkatan SDM," katanya.

Dikatakannya lebih lanjut, Poliban sudah mmpunyai Lembaga Sertifikasi Profesi P1 (LSP) P1 unt mmbekali kompetensi/skill mahasiswa sehingga lulusannya akan mempunyai sertifikat kompetensi sehingga untuk mendapatkan pekerjaan mereka lebih mudah karena mahasiswa sudah dibekali dengan sertifikasi kompetensi sesuai dengan bidang mereka masing masing.

"Alhamdulillah juga di regional kalimantan Poliban paling tinggi peringkatnya dari Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Pontianak dan Politeknik Negeri Tanah Laut," bebernya.

Dia mengatakan raihan yang baik ini jelas berat untuk mempertahankan. " Kalau berat ya pasti karena sekarang semua pendidikan tinggi vokasi tentunya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki peringkatnya," kata dia.

Dikutip dari ristekdikti.go.id, Sabtu (17/8/2019), Menristekdikti, Mohamad Nasir, mengatakan pemeringkatan ini untuk pemetaan PT dan menjadi dasar bagi Kemeristekdikti untuk membuat kebijakan tiap klaster.

Baca: Punya Lahan Luas di Kalimantan, Begini Prospek Ciputra Saat Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Baca: Sepatu Branded yang Dikenakan Jan Ethes di HUT RI ini Ikut Jadi Perhatian, Harganya Ternyata Segini

Baca: Balangan Expo 2019 Digelar, Ada Hiburan dan Informasi Perkembangan Pembangunan

Dalam rangka mengapresiasi beberapa perguruan tinggi dengan ranking tertinggi, Kemenristekdikti telah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memberikan ‘endowment fund’ atau dana abadi untuk dialokasikan bagi riset.

Pada kesempatan ini, Nasir menegaskan tidak ada dikotomi antara PTN dan PTS. Terpenting adalah kualitasnya. Nasir pun mengapresiasi beberapa PTS yang mampu bersaing dengan PTN dan berada pada klaster 2. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

 

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved