Berita Banjarbaru

BPBD Kalsel Akan Sebarkan Ribuan SMS Peringatan Karhutla, ini Tujuannya

Guna menginformasikan kepada warga akan kebakaran hutan dan lahan untuk mewaspadai dan berhati-hati jika ada kebakaran hutan dan lahan

BPBD Kalsel Akan Sebarkan Ribuan SMS Peringatan Karhutla, ini Tujuannya
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Sahruddin dan Manager Enterprise And Governmen Service, M Chayrudin Noer, dalam peluncuran sms Bro Karhutla. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Hari ini terpantau ada sebanyak 12 titik Hotspot yang tersebar di Kalsel.

Kasi Ops Informasi BMKG, Isrofi, menyampaikan sebanyak 12 titik panas tersebut berada di Kabupaten Balangan Kabupaten Banjar, HSS, HST, HSU dan Tala.

Hampir setiap hari terekam ada titik Hotspot.

Kebakaran pun kian terjadi.

Guna menginformasikan kepada warga akan kebakaran hutan dan lahan untuk mewaspadai dan berhati-hati jika ada kebakaran hutan dan lahan, BPBD Kalsel membuat terobosan baru dengan menyebarkan Sort Message Service (SMS) Broadcast hal itu.

Baca: TERUNGKAP! Mabes Polri Sebut Kerusuhan di Manokwari Disebabkan Provokasi di Media Sosial

Baca: Keanehan Perut Sandra Dewi yang Kini Hamil 9 Bulan Disorot Ryana Dea, Istri Harvey Moeis Bereaksi

Baca: Apa yang Terjadi saat Kita Menangis? Coba Perhatikan Ada Misteri Apa di Tubuh Kita

Baca: Kursi Khusus Tas Maia Estianty di Jet Pribadi, Ini Harga Barang Eks Rekan Duet Mulan Jameela Itu

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Sahruddin mengatakan SMS broadcast ini adalah kerjasama dengan Telkom Indonesia.

Setiap satu kali sms menyebar kepada 2000 orang.

Dan target tahun ini disebar sebanyak 150 ribu SMS.

"Konten SMS bro berkisar tentang himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, dengan menyampaikan pesan Fatwa MUI wilayah 4 kalimantan yakni haram membakar hutan dan lahan yang menggangu aktivitas kemanusiaan," ujarnya seraya menjelaskan SMS akan dimulai di bulan ini juga.

Sementara itu, Manager Enterprise And Government Service, M Chayrudin Noer, mengaku bangga bisa mendukung BPBD dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Tekninya nanti sms yang ditulis dari operator BPBD akan disebarkan ke masyarakat. Isinya imbauan untuk tidak membakar dan larangan membakar hutan dan lahan. Nanti jumlahnya ribuan SMS itu akan masuk otomatis ke HP warga yang terkena sinyal telpon," kata dia.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin saat launching sistem informasi kebencanaan, Senin (19/8) mengatakan launching ini adalah inovasi dari strategi sosialisasi untuk pencegahan dan kesiapsiagaan bencana.

"Saya berharap satgas sosialisasi terus gencar memberikan informasi kepada masyarakat akan bahaya membakar hutan dan lahan" ujar pria yang disapa Ujud ini. (banjarmasinpost.co.id/lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved