Kerusuhan di Manokwari

Kerusuhan di Manokwari, Wagub Papua Barat: Aktivitas Warga Lumpuh Total, Perekonomian Terganggu

Protes persekusi sejumlah mahasiswa Papua di Jawa Timur, Kerusuhan massa pecah di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019).

Kerusuhan di Manokwari, Wagub Papua Barat: Aktivitas Warga Lumpuh Total, Perekonomian Terganggu
(DOK KOMPAS TV)
Pembakaran Gedung DPRD Papua Barat di Manokwari, Senin (19/8/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Protes persekusi sejumlah mahasiswa Papua di Jawa Timur, Kerusuhan massa pecah di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019).  Massa pendemo membakar Kantor DPRD Papua Barat, membakar ban, menebangi pohon untuk memblokade jalan.

Massa pendemo juga melempari petugas dengan batu. Kerusuhan di Manokwari membuat warga panik dan ketakutan, warga memilih berdiam dalam rumah.

Wagub Papua Barat Mohamad Lakatoni mengatakan jika aktivitas warga Manokwari di Papua Barat pada Senin (19/8/2019) lumpuh total akibat aksi massa yang berujung kerusuhan yang terjadi.

"Hampir seluruh titik pertumbuhan, kawasan pertumbuhan ekonomi di Manokwari ini terkena dampak. Yang tidak terkena adalah area di luar ke pinggiran," kata Lakotani saat diwawancara Kompas TV melalui sambungan telepon, Senin.

"Pusat kota, pasar, pelabuhan, gedung DPRD, kemudian pusat pertokoan hampir semuanya terkena dampak dan praktis aktivitas hari ini tidak bisa berjalan, lumpuh total."

Baca: Massa dan Petugas Perang Batu di Manokwari, Pangdam dan Kapolda Papua Barat Dievakuasi

Lakotani mengatakan, pihaknya terus mengimbau warga untuk menahan diri. "Insya Allah kita akan komunikasi dengan baik dan cari solusi terbaik," katanya.

Situasi terkini

Sebelumnya, saah satu warga Manokwari bernama Maria melaporkan situasi di sekitar Lapangan Borasi, yang dekat dengan lokasi rumah tinggalnya, sudah lebih kondusif pada Senin siang ini dibanding pagi tadi.

Maria dan keluarganya serta warga di sekitar Lapangan Borasi memilih tinggal di rumah sembari menunggu situasi benar-benar kondusif.

Aksi blokade jalan oleh masyarakat Papua di Manokwari, terhadap kasus diamankannya 43 mahasiswa di Surabaya, Senin (19/8/2019).
Aksi blokade jalan oleh masyarakat Papua di Manokwari, terhadap kasus diamankannya 43 mahasiswa di Surabaya, Senin (19/8/2019). ((KOMPAS.com/BUDY SETIAWAN))

Pasalnya, kota Manokwari lumpuh lantaran sejumlah ruas jalan diblokade dengan aksi bakar ban. Menurut Maria, sejumlah aparat terlihat menjaga sejumlah titik.

"Lapangan Borasi sebelumnya dipersiapkan untuk upacara Pramuka, tapi kemudian massa datang dan membakar tribun di Lapangan Borasi," kata Maria.

Baca: Massa Blokade Jalan di Manokwari, Wagub Papua Barat Sulit Dekati Gedung DPRD yang Dibakar

Warga Manokwari termasuk Maria sebenarnya sudah tahu akan ada aksi massa pada Senin pagi, tapi tidak menyangka jika berujung kerusuhan.

"Sudah tahu akan ada aksi tapi kalau sampai seperti ini (kerusuhan) tidak terfikirkan," kata Maria. (Kompas.TV)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wagub Papua Barat: Aktivitas Warga Manokwari Lumpuh Total, Perekonomian Terganggu", https://regional.kompas.com/read/2019/08/19/12064931/wagub-papua-barat-aktivitas-warga-manokwari-lumpuh-total-perekonomian.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved