Berita Banjarmasin

Kumpulkan Camat dan Lurah se Tapin di Pengadilan, PN Rantau Kenalkan Aplikasi Ini

Pengadilan Negeri (PN) Rantau mengumpulkan para Camat dan Lurah se Kabupaten Tapin di Ruang Sidang Utama

Kumpulkan Camat dan Lurah se Tapin di Pengadilan, PN Rantau Kenalkan Aplikasi Ini
istimewa
Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan para Camat mengucapkan HUT Mahkamah Agung di Pengadilan Negeri Rantau, Senin (19/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pengadilan Negeri (PN) Rantau mengumpulkan para Camat dan Lurah se Kabupaten Tapin di Ruang Sidang Utama, Senin (19/8/2019).

Tujuan mengumpulkan para Camat dan Lurah se Kabupaten Tapin itu untuk mengenalkan dan menyosialisasikan teknologi Elektronik Surat Keterangan atau kerennya disebut eraterang.

Ketua PN Rantau, Erven Langgeng Kaseh mengatakan aplikasi eraterang adalah bentuk pelayanan yang sangat mudah sehingga dikenalkan kepada publik di Kabupaten Tapin.

"Pemohon cukup mengisi aplikasi Eraterang karena ada pilihan surat keterangan apa yang diperlukan masyarakat di Kabupaten Tapin," katanya.

Baca: Saat Krisis Air Bersih Melanda, Hujan Turun dan DAM di Kotabaru Mulai Terisi Air

Baca: Impian Binaraga Kalsel Berlaga di PON 2020 Papua Puspus Sudah, PABBSI Kalsel Minta Maaf

Baca: Lepas Kasdim ke Kodam VI Mulawarman, Dandim Martapura Sampaikan Pesan Ini

Baca: Perda Dana Cadangan Pilkada Kalsel 2020 Disahkan, KPU Kalsel Akan Segera Susun NPHD

Surat keterangan itu sebutnya seperti tidak pernah terpidana, tidak sedang dicabut hak pilihnya, tidak sedang menjalani proses tindak pidana, tidak pernah dihukum, tidak punya tanggungan piutang ataupun piutang badan hukum atau lembaga yang dikelola bersangkutan.

Menurutnya, sebelum aplikasi Eraterang, pemohon atau seseorang harus mendatang meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Rantau dengan membawa kelengkapan dokumen persyaratan, seperti pas foto dan fotokopi KTP.

Kini melalui aplikasi eraterang, hanya dengan menggunakan teknologi dawai atau gadget atau laptop serta sejenisnya menggunakan akun email perorangan atau instansi sudah dapat melakukan permohonan secara elektroni, sebutnya.

"Apabila sudah ada akun terdaftar di aplikasi eraterang, sudah dapat membuat surat keterangan karena dalam aplikasi itu ada pilihannya. Apabila sudah terdaftar dapat membuatkan permohonan untuk mendapatkan surat keterangan untuk dirinya atau orang lain," katanya.

Notifikasi dari pemohon akan muncul di aplikasi Eraterang PN Rantau. Jika sudah dinyatakan lengkap, maka surat keterangan elektronik itu diterbitkan dan ada barcode bukti produk PN Rantau dan bisa dicetak," katanya.

Aplikasi eraterang itu merupakan terobosan yang sudah diluncurkan pada 1 Juli 2019 lalu oleh Mahkamah Agung. PN Rantau hari ini disosialisasikan di seluruh PN se Indonesia.

Kenapa hari itu disosialisasikan aplikasi Eraterang itu di PN Rantau karena bertepatan dengan peringatan HUT Mahkamah Agung.

Baca: Teliti Keracunan Massal di Dadahup, Dinkes Kapuas Ambil Sampel dan Diperiksa ke BBTKL Banjarbaru

Baca: Kode CLBK Gading Marten pada Gisella Anastasia Lewat Nyanyian Gempita? Lagu Ini Jadi Perhatian

Baca: Kabupaten Banjar Ingin Punya Pasar Hewan Seperti Tanahlaut, Begini Upaya yang Dilakukan Disnakbun

"Para Camat dan Lurah dikumpulkan agar dapat menyosialisasikan aplikasi eraterang kepada Pemerintahan Desa. Jika kesulitan kami yang akan datang memberikan bantuan," tambahnya.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan berkenan melihat sosialiasi eraterang dan menyampaikan ucapan dirgahayu Mahkamah Agung kepada Ketua PN Rantau, Erven Langgeng Kaseh didampingi Wakil Ketua PN Rantau, Yohannes Purnomo Suryo Adi dan Humas PN Rantau, Indra Kusuma. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved