Berita Tabalong

Pengadilan Negeri Tanjung Kenalkan Program Eraterang, ini Kemudahannya untuk Warga

Warga Tabalong saat ini tidak perlu lagi datang langsung ke Pengadilan Negeri Tanjung jika ingin mengurus surat keterangan.

Pengadilan Negeri Tanjung Kenalkan Program Eraterang, ini Kemudahannya untuk Warga
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
HUT Mahkamah Agung RI di Halaman kantor PN Tanjung, Senin (19/08/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Warga Tabalong saat ini tidak perlu lagi datang langsung ke Pengadilan Negeri Tanjung jika ingin mengurus surat keterangan.

Pasalnya Pengadilan Negeri Tanjung baru saja melaunching Eraterang atau Elektronik surat keterangan.

Warga bisa menghemat waktu dan biaya dengan memanfaatkan fasilitas elektronik.

Hal ini disampaikan Kepala PN Riyanti Desiwati SH MH dalam kegiatan HUT Mahkamah Agung RI di Halaman kantor PN Tanjung, Senin (19/08/2019).

Saat ini aplikasi telah bisa digunakan oleh warga, Seperti yang dilakukan Hartono warga Tanjung yang meminta permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana untuk syarat menjadi advokad.

Baca: Keanehan Perut Sandra Dewi yang Kini Hamil 9 Bulan Disorot Ryana Dea, Istri Harvey Moeis Bereaksi

Baca: Kursi Khusus Tas Maia Estianty di Jet Pribadi, Ini Harga Barang Eks Rekan Duet Mulan Jameela Itu

Baca: Penyebab Chacha Frederica Tak Diundang di Pertunangan Jessica Iskandar & Richard Kyle Terungkap

"Sudah mengunduh aplikasinya dan langsung mencoba untuk menbgajukan surat permohonan tidak pernah dipidana, sangat membantu karena tidak perlu antre, saat datang ke kantor langsung tinggal mengambil karena syaratnya juga sudah diunggah melalui aplikasi," ujarnya.

Riyanti menambahkan Eraterang merupakan layanan permohonan Surat keterangan secara elektronik yang dapar diakses oleh pemohon dimanapun berada.

Beberapa surat yang bisa diurus menggunakan aplikasi Eraterang adalah surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit, SK tidak pernah dipidana, SK tidak dicabut hak pilihnya, SK dipidana karena kealpaan ringan atau alasan politik dan SK tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan atau badan hukum.

"Saat ini kami telah melakukan sosialisasi dan berharap seluruh pihak bisa membantu melakukan sosialisasi ke masyarakat agar fasilitas ini bisa digunakan secara meluas," ujarnya.

Kegiatan HUT ke 74 Mahkamah Agung RI yang mengangkat tema Peradilan Modern berbasis teknologi informasi untuk melayani ini dihadiri oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dan Wakil Bupati Tabalong H Mawardi dan seluruh unsur Forkopimda, unsur perusahaan dan perbankan serta pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Tabalong.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan sangat mengapresiasi dengan inovasi yang telah diluncurkan dengan memudahkan kepada masyarakat.

Kerjasama antara Pemerintah Daerah dan PN Tanjung terjalin dengan sangat baik saat ini.

"Kami siap mendukung dan membantu menjalankan program yang dijalankan oleh PN Tabalong," ujar anang.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala PN dan diberikan kepada Bupati Tabalong dan mitra kerja.

Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved