Berita Banjarmasin

Peringkat PTN ULM Anjlok ke Posisi 82, ULM Bakal Datangkan Dosen Asing

Pada 2019 peringkatnya anjlok 27 tingkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni peringkat 55. Sedang PTS di Kalsel belum ada satu pun yang masuk daftar.

Peringkat PTN ULM Anjlok ke Posisi 82, ULM Bakal Datangkan Dosen Asing
Dari Rizky Pratama untuk BPost
Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi saat meresmikan dan mengukuhkan mahasiswa baru ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perguruan tinggi negeri (PTN) kebanggaan warga Kalimantan Selatan, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang hanya menduduki urutan ke-82 dalam daftar peringkat 100 perguruan tinggi (PT) yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti), berjanji mengevaluasi diri.

Karena, pada 2019 peringkatnya anjlok 27 tingkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni peringkat 55. Sedang untuk PTS di Kalsel belum ada satu pun yang masuk daftar.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof Dr Sutarto Hadi, MSi MSc melalui Wakil Rektor IV Bidang Humas Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas ULM, Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin, ketika dikonfirmasi mengakui jika posisi ULM turun peringkat.

“Ya peringkat memang turun dan itu dialami juga oleh sebagian besar perguruan tinggi negeri lainnya, hal ini disebabkan ada indikator klaster perguruan tinggi tahun 2019 yang berbeda dari sebelumnya, seperti jumlah dosen yang mengajar dan jumlah mahasiswa asing. ULM memang ada mahasiswa asing dari beberapa negara tapi dosen asingnya tidak ada ini salah satu yang menurunkan nilai,” kata dia, Minggu (18/8).

Baca: Kecewa Tak Dapat Seragam, 28 Anggota Paskibra Menangis Saat Kibarkan Kibarkan Merah Putih

Dikatakannya, langkah kedepan ULM akan tingkatkan kerja sama dengan universitas lain untuk bekerjasama mendatangkan dosen asing yang kompeten sesuai bidang ilmu untuk mengajar sebagai dosen di ULM.

“Meningkatkan produk inovasi, meningkatkan jumlah mahasiswa asing,” kata dia.

Soal dosen asing, sejauh ini ada tapi jumlah kecil dan itupun sangat terbatas. Dia menyampaikan langkah lain akan mensupport jumlah penelitian dan publikasi lebih banyak lagi.

“ULM terus berbenah walaupun akreditasi sudah A tapi ada banyak hal yang perlu dibenahi. ULM akan menggerakan semua dosen untuk meneliti dan publikasi dijurnal internasional bereputasi. ULM akan mensupport anggaran untuk penelitian, dan semua dosen diwajibkan untuk riset dan publikasi. Karena itu kunci perkembangan universitas. Insya Allah rangking akan naik lagi. Prestasi mahasiswa juga akan kami genjot, persaingan sekarang sangat ketat. Ya, kita tidak bisa sendiri harus melibatkan semua stakeholder,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/kur)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved