Berita Tabalong

Sebar Edaran ke Sekolah, Kasatlantas Polres Tabalong : Tak Punya SIM Pelajar Bakal Langsung Ditilang

Polres Tabalong telah menyebar edaran ke sekolah-kesekolah terkait larangan pelajar tidak memiliki SIM mengendarai sepeda motor ke sekolah

Sebar Edaran ke Sekolah, Kasatlantas Polres Tabalong : Tak Punya SIM Pelajar Bakal Langsung Ditilang
banjarmasin post.co.id/reni kurnia wati
Seorang pelajar SMA di Tabalong terjaring razia oleh petugas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Polres Tabalong telah menyebarkan edaran untuk larangan pelajar yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk mengendarai sepeda motor ke sekolah.

Setelah dilakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat dan pihak sekolah jika masih ditemukan pelajar yang melanggar, petugas tidak segan untuk melakukan penilangan.

Kasatlantas Polres Tabalong AKP M Noor Chaidir mengatakan pihaknya telah menyerahkan surat edaran ke sekolah di tingkat SMP dan SMA. Dan diharapkan pihak sekolah bisa terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada siswa untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor yang belum cukup umur.

AKP Chaidir mengatakan mengizinkan anak anak mengendarai sepeda motor merupakan bentuk kasih sayang orangtua kepada anak yang sangat salah. Karena dapat membahayakan dirinya dan orang lain bahkan beresiko fatal dapat menghilangkan nyawa.

Baca: Wali Kota Surabaya Risma Bantah Ada Rencana Pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya

Baca: Anggun Sampaikan Uneg-unegnya: Sudah Saatnya Indonesia Bisa Beri Dwi Kewarganegaraan

Baca: Hasil Arema FC vs Barito Putera Skor Sementara 1-0 di Liga 1 2019 Hari Ini, Tuah Gol Hamka Hamzah

Baca: Belum Mampu Move On dari Musik, FDJ Asal Banua ini Jadi Resident DJ di Bali

"Jika terjadi kecelakaan maka penyesalan tiada artinya lagi, karenanya sejak awal jangan sampai memberikan izin mengendarai sepeda motor itu kepada anak," ungkapnya.

Bahkan saat dilqkuqkn penindakan pernah ada ditemukan anak anak yang masih duduk di SMP namun sudah mengemudikan mobil. Hal ini sangat ironi karena orangtianya oun mengetahui dengan tindakan anaknya ini. "Sangat memprihatinkan jika orangtua mengizinkan anaknya mengendarai sepeda motor terlebih mobil padahal usianya masih sangat muda dan belum memiliki SIM," ujarnya.

Untuk angka kecelakaan yang melibatkan pelajar memang telah mengalami penurunan namun sosialisasi dan penindakan akan terus dilakukan. "Biasanya masih diberi toleransi jika pelajar melanggar saat ini langsung ditilang dan barang bukti disita yaitu kendaraanya dan hanya bisa diambil olrh orangtuanya.

Hal ini dilakukan agar siswa dan orangtua bisa benar benar menyadari bahwa penggunaan sepeda motor pada usia pelajar yang belum memilki SIM sangat membahayakan.

Udaranbini telah disampaikan ke Dinas Pendidikan dan akan diteruskan ke seluruh sekolah. Sehingga bukan hanya di lingkungan perkotaan namun juga sekolah ditingkat terpencil termasuk kecamatan dan desa.

Pihak sekolah juga diharapkan bisa mendukhng dengan memberikan sanksi kepada anak yang belum memiliki SIM namun sudah mebgendarai sepeda motor dan pihak sekolah juga jangan menyediakan tempat parkir untuk siswa yang membawa sepeda motor.

Baca: Hasil Akhir Timnas Indonesia U-18 Vs Myanmar Skor Akhir 5-0, Indonesia Juara 3 Piala AFF U-18 2019

Baca: Aksi Demo Berujung Rusuh, Wagub Papua Barat Cek Fasilitas Umum yang Terbakar di Manokwari

Baca: Demi Mengejar Cita-cita, Dosen ULM Ini Rela Keliling Jualan Kue

"Pihak sekolah jangan sampai menyediakan tempat parkir untuk sepeda motor bagi yang belum memiliki SIM, jika menyediakan berarti sama dengan mendukung pelanggaran aturan," ungkapnya.

Sosialisasi ditingkat masyarakat juga dilakukan dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak memperbolehkan anaknya yang belum vukup umur untuk mengendarai sepeda motor. "Jangan sampai justru orangtua semdiri yang mengajari anaknya yang masih SMP untuk mengendarai sepeda motor," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved