Berita Banjarbaru

Masih Ada oknum yang Menghalangi Regu Pemadam Karhutla, Pangdam II Sriwijaya Perintahkan ini

Untuk mencegah karhulta yang semakin meningkat, Pangdam II Sriwijaya memerintahkan tembak ditempat para oknum yang terbukti membakar lahan dan hutan.

Masih Ada oknum yang Menghalangi Regu Pemadam Karhutla, Pangdam II Sriwijaya Perintahkan ini
istimewa
briefing Selasa pagi (20/8) di BPBD Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Untuk mencegah karhulta yang semakin meningkat, Pangdam II Sriwijaya memerintahkan tembak ditempat para oknum yang terbukti membakar lahan dan hutan.

Hal itu disampaikan Kolonel Paskas Mahfud LO Satgas Udara dari BNPB untuk wilayah Kalimantan Selatan usai briefing Selasa pagi (20/8) di BPBD Kalsel.

Menurut Mahfud pembakar hutan dan lahan dapat dikategorikan sebagai terorisme, sebab perilakunya sudah membuat kerugian besar tidak hanya untuk negara namun juga dunia internasional.

Dampak pembakaran hutan dan lahan juga dapat merusak aktivitas kemanusiaan secara menyeluruh, baik dari segi kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

Baca: Selipkan Nama Renjana, Ucapan Aura Kasih Saat Glenn Fredly Nikahi Mutia Ayu, Tapi Malah Begini

Baca: 5 Fakta Anggota Brimob Diduga Aniaya Warga Bogor Saat Rayakan HUT RI, Awalnya Mobil Warga Ditabrak

Baca: Tinggalkan Anang, Ashanty Ungkap Kesedihannya, Ibu Aurel Hermansyah Lakukan Ini di Luar Negeri

"Saya kira kita sudah seharusnya membuat jera para pembakar hutla baik dari perusahaan maupun oknum masyarakat," tegasnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin berharap satgas penegak Hukum agar bertindak tegas terhadap pembakar lahan dan hutan.

Untuk itu pihaknya sangat menyesalkan jika ada oknum yang menghalangi regu satgas darat saat memadamkan api.

Dia menyebutkan seperti kemarin terjadi penolakan oleh oknum di kawasan RT 24 Kelurahan Kemuning Kota Banjarbaru, hal ini merupakan kali kedua, "untuk itu saya berharap satgas Gakum dapat mem police line area yang terbakar, sebagai efek jera," ujar pria yang akrab di panggil Ujud ini.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved