Mereka Bicara

Yth Pemprov Kalsel, Larangan Kantong Plastik, Peritel Diwajibkan Kerja Sama dengan UMKM

Kepada Yth Pemprov Kalsel. Kebijakan yang melarang usaha ritel menggunakan kantong plastik karena akan mengganggu ekosistem lingkungan.

Yth Pemprov Kalsel, Larangan Kantong Plastik, Peritel Diwajibkan Kerja Sama dengan UMKM
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Ilustrasi - Camat Banjarmasin Selatan meminta kepada pedagang dan pengunjung pasar agar tidak lagi menggunakan kantongan plastik atau kresek. 

BANJARMASIN - Kepada Yth Pemprov Kalsel. Kebijakan yang melarang usaha ritel menggunakan kantong plastik karena akan mengganggu ekosistem lingkungan. Tapi kalau dilihat dari segi bisnis sangat merugikan konsumen dan menguntungkan pengusaha ritel.

Peritel tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membungkus belanjaan konsumen. Seharusnya Pemprov mengeluarkan kebijakan agar ritel diwajibkan menjalin kerja sama dengan UMKM yang memproduksi kantong belanjaan ramah lingkungan.

Jadi konsumen tidak dirugikan dan ada pemasukan bagi masyarakat yang mengelola UMKM. Saya rasa banyak saja UMKM yang kreatif membuat kantong belanjaan yang berlogo ritel tertentu. Terima Kasih, 085251581656

TANGGAPAN:
ASSALAMUALAIKUM wr wb. Terima kasih atas tanggapan bapak/ibu/saudara/(i) terhadap masalah tersebut dan terima kasih atas tanggapannya, berarti Anda adalah salah satu penduduk Kalsel yang peduli terhadap sampah, khususnya dalam rangka pengurangan atau pengendalian sampah plastik.

Terkait kebijakan Pemerintah Provinsi, maupun Kabupaten/Kota dalam rangka pengurangan/pengendalian penggunaan kantong plastik khususnya bagi ritel modern.

Faktanya sudah ada peritel yang menyediakan tas belanja non plastik yang bisa digunakan berulang-uang (seperti tas dari kain, bakul purun, kertas dan sebagainya), hal ini tentunya bekerja sama dengan produsen penghasil tas belanja tersebut, yang mungkin adalah UMKM.

Terkait saran saudara agar mewajibkan peritel kerjasama dengan UMKM penyedia kantong belanja, hal ini jadi bahan pertimbangan kami untuk kebijakan lebih lanjut. Terima kasih atas perhatiannya, wassalam.

Ikhlas Indar Kadis Lingkungan Hidup Kalsel
(istimewa)

IR IKHLAS INDAR MP
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved