Haji 2019

Jemaah Haji Kalsel Keloter 1 Tiba di Syamsudin Noor, Turun Pesawat Langsung Sujud Syukur

Satu di antara ratusan Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin (BDJ) itu turun dari pesawat dan langsung melakukan sujud syukur

Penulis: Aprianto | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Suasana kedatangan Jemaah Haji Keloter I Embarkasi Haji Banjarmasin di Bandara Syamsudin Noor 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Pesawat yang membawa rombongan jemaah haji Kalsel keloter 1 tiba di Bandara Syamsudin Noor, Selasa, (20/8/2019).

Satu di antara ratusan Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin (BDJ)  itu turun dari pesawat dan langsung melakukan sujud syukur di Lapangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin,

Meski tampak raut wajah yang lelah, namun para rombongan haji tampak bahagia setelah menginjakkan kakinya di tanah Banuanya, Kalsel.

"Alhamdulillahirobbilalamin, kloter pertama kita sampai kembali ke tanah air dengan kondisi selamat dan sehat," kata Abdul Hakim.

Baca: Lahan Dekat Lubang Tambang Batubara di Tatakan Tapin Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Baca: NEWSVIDEO : Enam Rumah di Desa Bati-Bati Kabupaten Tanahlaut Ludes Dilalap Api

Baca: Ditinggal Menyadapi Karet, Rumah Khairani Dilalap si Jago Merah, Uang Tabungan Ludes Terbakar

Baca: NEWSVIDEO : Kantor BPOM HSU Lakukan Penertiban Penjulan Produk Kosmetik Di Pasar Tanjung

Jemaah haji dari kloter pertama ini mengaku bahagia telah menyelesaikan kegiatan ibadah haji di tanah suci mekah.

Jemaah dari Kandangan, Hulu Sungai Selatan ini menegaskan kesehatan di tanah suci dijaga dan dipantau oleh tim kesehatan dari Kalsel.

"Pada saat kegiatan ibadah di tanah suci kita juga dibimbing dengan baik. Sehingga bisa melakukan ibadah dengan baik. Alhamdulillah kita bisa menyediakan ibadah haji dan kembali dengan selamat serta sehat ke Banua," kata Guru SMP 2 Telaga Langsat.

Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin (BDJ) Kelompok Terbang (Kloter) 01 yang berasal dari Banjarmasin dan Hulu Sungai Selatan (HSS) tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin pukul 19.00 WITA.

Jamaah Haji BDJ 01 diberangkatkan dari maktab Ray baksy menuju Jeddah hari ini pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dan diberangkatkan dari Bandara King Abdul Azis (KAA) Jeddah Selasa (20/08) pukul 00.00 WAS.

Suasana kedatangan jemaah haji keloter I
Suasana kedatangan jemaah haji keloter I (banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)

Rombongan datang menggunakan Air Bus Garuda Indonesia seri A 330 dengan nomor penerbangan GA 8201.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banjarmasin Noor Fahmi mengatakan jamaah haji BDJ 01 waktu pemberangkatan berjumlah 318 orang.

"Untuk kedatangan ini jumlah yang datang ada 324 orang jamaah haji, dikarenakan adanya jemaah haji mutasi dari BDJ 02, 06 dan 07," katanya

Tambahan ini dikarenakan adanya open set BDJ 01 sebanyak tujuh orang waktu pemberangkatan sehingga adanya mutasi dari kloter lain untuk mengisi seat tersebut waktu pemulangan.

Suasana kedatangan jemaah haji keloter I Embarkasi Haji Banjarmasin di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru
Suasana kedatangan jemaah haji keloter I Embarkasi Haji Banjarmasin di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru (banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)

"Untuk kedatangan ini ada tambahan enam orang dari awalnya keberangkatan 318 menjadi 324 orang," katanya di sela-sela menyambut kedatangan rombongan haji di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Enam orang tambahan ini memang kondisi kesehatan kurang baik, sehingga dipulangkan lebih dulu dari jadwal mereka di kloternya masing-masing.

Dengan adanya tambahan ini, jemaah yang kebetulan kurang sehat bisa dipulangkan lebih duluan dari kloter asalnya.

Baca: Hasil Pemeriksaan Salmafina Sunan Atas Laporan Sunan Kalijaga, Eks Taqy Malik Nginap Bareng Jo Ardis

Baca: Besuk Warga Binaan di Rutan Rantau, Hamdanah Kepergok Simpan Sabu di Pembalut

Baca: Vicky Nitinegoro Bongkar Hubungannya dengan Nikita Mirzani, Watak Eks Dipo Latief Diungkap

Kloter 1 merupakan JCH gabungan dari jemaah asal Hulu Sungai Selatan dan Kota Banjarmasin ditambah dengan satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI)/ ketua kloter, satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), tiga orang Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), serta Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri dari satu dokter dan dua orang paramedis dengan total yang diberangkatkan 318 orang.

Setibanya di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, jemaah haji BDJ 01 juga menjalani proses penyambutan di asrama haji sebelum dipulangkan ke Hulu Sungai Selatan dan Banjarmasin

(banjarmasinpost.co.id/aprianto)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved