Berita Tanahbumbu

Polsek Batulicin Amankan Tiga Orang Pembakar Lahan di Desa Maju Bersama Tanahbumbu

Polsek Batulicin mengamankan tiga orang warga, terkait dugaan melakukan pembakaran lahan di wilayah Desa Maju Bersama, Kecamatan Batulicin.

Polsek Batulicin Amankan Tiga Orang Pembakar Lahan di Desa Maju Bersama Tanahbumbu
HO/Polsek Batulicin
Tim tergabung dalam Sub Satgas Karhutla melakukan pemadaman api yang membakar lahan di Desa Maju Bersama, Kecamatan Batulicin, Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Kepolisian Sektor (Polsek) Batulicin mengamankan tiga orang warga, terkait dugaan melakukan pembakaran lahan di wilayah Desa Maju Bersama, Kecamatan Batullicin.

Tiga orang diamankan berisial R, G dan S, diduga pelaku pembakaran lahan. Ketiganya diamankan anggota yang dipimpin Kapolsek Batulicin Iptu Kristian Sapari Nugroho saat mendatangi lokasi lahan terbakar.

Menurut Kristian, berdasarkan pengakuan ketiga pelaku. Lahan yang dipinjamkan oleh seseorang, dibakar oleh pelaku rencana akan ditanami pagi dan jagung.

"Untuk luasan terbakar sekitar seperempat hektare," jelas Kristian kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (21/8/2019).

Baca: 6 Petugas BPBD Kalsel Terjebak Api Kebakaran Lahan di Batola, Petugas Kerahkan Heli Water Bombing

Baca: Tangkap Pelaku Pembakar Lahan, Dandim Martapura Beri Penghargaan Kepada Dua Anggotanya

Ditambahkan dia, hasil pemeriksaan sementara dan mengacu pada peraturan yang ada menyebutkan harus lebih dari dua hektare baru bisa diproses.

Maka dari itu, Kristian menegaskan, mengacu pada ketentuan yang ada. Setelah pemeriksaan, ketiganya akan diberikan pembinaan.

"Karena ketentuan pidananya di atas dua hektare. Tapi yang jelas api sudah dipadamkan, orangnya diamankan dan diperiksa. Selanjutnya mungkin akan dibina," ucapnya.

Pedaman api dilakukan bersama-sama sub satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla). Terdiri dari TNI-Polri dan BPBD.

"Karena di sana ada pos sub satgas karhutla," tandas Kristian.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved