Berita Tapin

Serunya Penghobi Layang-layang Dandang Bertemu Jalan Datu Aling Rangdamalingkung Rantau Tapin

Mereka berkumpul untuk merayakan HUT ke 74 Kemerdekaan Indonesia sekaligus melestarikan seni dan budaya Dandang warisan leluhur mereka.

Serunya Penghobi Layang-layang Dandang Bertemu Jalan Datu Aling Rangdamalingkung Rantau Tapin
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Peserta festival layang-layang Dandang se Tapin berkumpul di lahan pertanian pasca panen di Jalan Datu Aling, Kelurahan Rangdamalingkung, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Rabu (21/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Ratusan penghobi dandang berkumpul di lahan pertanian pascoanen di Jalan Datu Aling, Kelurahan Rangdamalingkung, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (21/8/2019).

Mereka berkumpul untuk merayakan HUT ke 74 Kemerdekaan Indonesia sekaligus melestarikan seni dan budaya Dandang warisan leluhur mereka.

Iqbal dan Iril, keduanya warga di Kecamatan Bakarangan membawa layang-layang Dandang untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan penghobi layang-layang Dandang Kelurahan Kupang dan Kelurahan Rangdamalingkung.

Iqbal mengaku sudah dua tahun ini tidak pernah absen ikut menaikan layang-layang Dandang miliknya yang diberinama layang-layang keluang.

Iril pun demikian, punya kiat khusus menaikan layang-layang Dandang miliknya yang dibawa bersama dua anaknya.

Menurutnya arah angin Selatan yang membuat layang-layang Dandang naik tinggi dan mengeluarkan bunyi dengung dengan nyaring atau keras.

Ketua pelaksana Festival Seni dan Budaya Dandang, Birin Irgita mengaku menyiapkan 200 kupon bagi peserta dan pendaftaran gratis.

Kegiatan silaturrahmi penghobi layang-layang Dandang itu runititas digelar setiap musim kemarau dan seusai musim panen padi.

Menurutnya tahun ini pihaknya mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten Tapin berupa ketersediaan tiga hadiah utama dan puluhan hadiah hiburan untuk meramaikan festival layang-layang Dandang.

"Tahun depan kami berharap hadiah utamanya satu unit sepeda motor karena antusias peserta yang berpartisipasi sangat tinggi dari kabupaten tetangga, utamanya dari Hulu Sungai," katanya.

Birin mengaku menghadirkan tiga artis lokasi yaitu juara pertama Lomba menyanyi Dangdut tingkat anak-anak dan juara II lomba menyanyi Dangdut tingkat dewasa saat peringatan Tahun Baru 2019 di lapangan Dwi Dharma serta rtis tamu finalis Liga Dangdut Indonesia asal Salam Babaris.

Ronny Rifani, Kabid Kebudayaan dan Olahraga pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Tapin mengatakan pemerintah Kabupaten Tapin sangat mendukung karena bagian dari melestarikan budaya masyarakat.

Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam kegiatan layang-layang Dandang setiap tahunnya semakin tinggi. Jika tinggi sangat mungkin Pemerintah Kabupaten Tapin akan menjadikan event pariwisata tahunan.

"Kita melihat antusias dan partipasi masyarakat lebih dahulu. Kita lihat kegiatan ini apakah memancing desa lainnya melaksanakan hal serupa festival layang-layang besar dandang," katanya.

Sangat mungkin Festival layang-layang dandang ini dikemudian hari, Pemerintah Kabupaten Tapin akan membuat event layang-layang besar Dandang menjadi event wisata tahunan, harapnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved