Berita Banjarmasin

Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 Sudah Dipastikan, ini Urutannya

Setelah melalui tahapan uji publik sejak Bulan Juni 2019 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) akhirnya luncurkan Peraturan KPU

Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Serentak  2020 Sudah Dipastikan, ini Urutannya
banjarmasinpost.co.id/acm
Kantor KPU Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah melalui tahapan uji publik sejak Bulan Juni 2019 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) akhirnya luncurkan Peraturan KPU (PKPU) Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020.

PKPU Nomor 15 Tahun 2019 ini diterima oleh Komisioner KPU Provinsi Kalsel Pada Rabu (21/8/2019).

Dalam salinan dokumen berisi lima belas halaman tersebut Peraturan KPU (PKPU) Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 tak ada perubahan signifikan dibanding Rancangan PKPU sebelumnya.

Dimana hari H pemungutan suara pada Pilkada Serentak Tahun 2020 termasuk di lingkup Provinsi Kalsel akan dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020).

Namun jika dibandingkan PKPU Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu, ada perubahan pada proses pemutakhiran data Pemilih.

Baca: Perubahan Tubuh Puput Nastiti Devi Ungkap Usia Kehamilan Istri Ahok BTP, Veronica Tan Komentar Ini

Baca: Kata-kata Ammar Zoni Saat Promosikan Sabun di Youtube Aish TV Disorot, Ternyata Suami Irish Bella?

Baca: Wasiat Ruben Onsu pada Sarwendah Terungkap, Teman Ayu Ting Ting & Ivan Gunawan Pasrah Diteror?

Sebelumnya, proses ini masuk dalam tahapan penyelenggaraan dan dalam PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020 masuk dalam tahapan persiapan Pilkada.

Dijelaskan Komisioner Koordinator Divisi Pendidikan Pemilih, Sosialiasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah, masuknya proses pemutakhiran data Pemilih dalam tahapan persiapan seharusnya dapat lebih mendukung lancarnya tahapan penyelenggaraan Pilkada.

Pasalnya dengan demikian, dapat menekan resiko ketidakpastian hukum dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada yang disebabkan tingginya dinamika data Pemilih akibat berbagai faktor.

"Seharusnya dengan begitu tidak ada lagi perubahan-perubahan data Pemilih yang signifikan di tahapan penyelenggaraan, jadi sudah diselesaikan di tahapan persiapan," kata Edy.

Dalam PKPU tersebut, proses ini dijadwalkan sudah akan dimulai sejak Jumat (27/3/2020).

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved