Berita Banjarmasin

5 Strategi dan Program Pencegahan Kebakaran Hutan Perkebunan dan Lahan dari Kepala BPBD Kalsel

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin mengatakan ada lima strategi dan program pencegahan kebakaran hutan perkebunan dan lahan.

5 Strategi dan Program Pencegahan Kebakaran Hutan Perkebunan dan Lahan dari Kepala BPBD Kalsel
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin saat menyampaikan cara pencegahan kebakaran hutan, perkebunan dan lahan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin mengatakan ada lima strategi dan program pencegahan kebakaran hutan perkebunan dan lahan.

Yaitu, yang pertama insentif dan disinsentif ekonomi di antaranya mencakup insentif untuk PLTB, insentif untuk peningkatan produktivitas pertanian, penghentian kredit perbankan bagi pengusaha yang konsumsinya terbakar, penarikan izin konsesi bagi pengusaha yang konsesinya terbakar, pemberian insentif dan disinsentif melalui mekanisme proper, pemberian bantuan untuk diversifikasi usaha ekonomi masyarakat.

Kemudian poin berikutnya yaitu penguatan peranan masyarakat desa atau pranata sosial Yani mencakup advokasi pencegahan karhutbunla, pelatihan pencegahan dan pendampingan terkait karhutbunla.

"poin ketiga yaitu penegakan hukum sinkronisasi peraturan perundangan dan perizinan di antaranya sinkronisasi peraturan perundangan, penguatan kelembagaan teritorial berbasis keamanan, penetapan hak atas properti lahan secara jelas, one map policy, harmonisasi rencana tata ruang, sinkronisasi dokumen pusat daerah," katanya, Kamis (22/8).

Baca: BREAKING NEWS : Empat Ruang Belajar di SMP Bejayau HSS Terbakar, Api Karhutla Merambat ke Sekolah

Baca: Api Lalap SMP Negeri 1 Daha Barat (SMP Bajayau), Petugas BPK Dobrak Pintu Kelas 9 untuk Padamkan Api

Baca: Selain SMP Negeri 1 Daha Barat Api Juga Berkobar Lahap Lahan Seluas 2,5 Hektare, BPBD HSS Bersiaga

Baca: Kadisdik HSS : Hanya Atap dan Plafon SMP 1 Daha Barat yang Terbakar, Mebel Sekolah Tak Dilalap Api

Strategi berikutnya adalah pengembangan infrastruktur, perbaikan tata kelola air di wilayah gambut , pembangunan sumur bor di gambut rawan terbakar, teknologi modifikasi cuaca, pengembangan teknologi PLTB

Strategi lainnya adalah penguatan early fire response , diantaranya perbaikan teknologi pemantauan kebakaran, pengembangan crisis center dan early response system, pengadaan peralatan pemadaman kebakaran skala kecil.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved