Saraba Kawa

Hanya Perlu 10 detik Untuk Memilih, Pilkades Serentak Tabalong Sukses Dilaksanakan

Dari tiga desa yang melaksanakan Pilkades dengan cara E- Voting terdapat empat TPS dan seluruhnya berhasil dilaksanakan tanpa kendala berarti.

Hanya Perlu 10 detik Untuk Memilih, Pilkades Serentak Tabalong Sukses Dilaksanakan
HO/Humas Pemkab Tabalong
Pemkab Tabalong melaksanakan Program Elektronik Voting (E Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak berhasil terlasana dengan lancar, Kamis (22/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Tabalong dalam program Elektronik Voting (E Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak berhasil dilaksanakan, Kamis (22/8/2019)

Dari 57 desa yang menyelenggarakan Pilkades Serentak terdapat tiga desa yang dilaksanakan dengan cara E Voting yaitu Desa Tanta, Kasiau dan Kambitin Raya.

Dari tiga desa yang melaksanakan Pilkades dengan cara E- Voting terdapat empat TPS dan seluruhnya berhasil dilaksanakan tanpa kendala berarti.

Suharti waga Desa Kambitin Rata Rt 14 mengatakan dirinya awalnya penasaran dengan cara pemilihan kepala desa yang menggunakan gadget. Hal ini memang tergolong baru baginya namun justru membuatnya penasaran.

Program Elektronik Voting (E Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Tabalong, berhasil dilaksanakan, Kamis (22/8/2019)
Program Elektronik Voting (E Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Tabalong, berhasil dilaksanakan, Kamis (22/8/2019) (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Sejak Pukul 08.00 wita dirinya telah datang ke TPS yang dilaksanakan di balai desa, dengan membawa surat undangan dirinya datang ke TPS dan mengantri hingga panitia pelaksana memanggil.

“Diberi kertas dan dimasukkan ke alat dan tinggal menekan gambar kepala desa yang dipilih, mudah sekali dan cepat hanya sekitar 10 detik,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa (DPMPD) Tabalong, Arianto, menurutnya, pelaksanaan Pilkades tidak ada ditemukan kendala yang berarti.

"Kendala memang ada namun bisa diatasi baik Pilkades manual maupun system E Voting, Namun masalah itu tidak begitu berarti. Dan dengan sigap di tangani oleh petugas dilapangan terma," katanya.

Terpisah Kepala Dinas Kominfo Tabalong Pebriadin Hapiz mengatakan untuk pelaksanaan Pilkades dengan Sistem E Voting berhasil dilaksanakan, sistem komputerisasi saat proses pemilihan hingga menampilkan hasil berjalan dengan lancar.

“Kami menyediakan teknisi yang membantu proses pemilihan secara E voting, misalnya seperti di Desa Kambitin Raya yang terdiri dari empat bilik dan kami menurunkan lima orang teknisi untuk berjaga, hingga proses pemberitahuan hasil pemilihan,” ungkapnya.

Pelaksanaan Program Elektronik Voting (E Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Tabalong, Kamis (22/8/2019)
Pelaksanaan Program Elektronik Voting (E Voting) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Tabalong, Kamis (22/8/2019) (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Heri Nugroho Kepala Desa Terpilih di Desa Kambitin Raya mengatakan dengan sistem E Voting yang tergolong baru antusias warga cukup tinggi, warga lama menunggu bukan pada proses pemilihan namun menunggu gilliran, meski demikian secara keseluruhan proses pemilihan kepala desa sukses dilakukan. Heri memenangkan pemilihan dengan pilihan suara 426 suara mengungguli dari tiga calon lainnya.

“Untuk program kedepan yang akan langsung dilakukan adalah penyusunan RPJMDes, saya juga berterimakasih kepada seluruh masyarakat,” ungkapnya. (*/Aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved