Berita Kabupaten Banjar

Hindari Kebakaran Hutan dan Lahan saat Kemarau, Ini Saran Gubernur Kalsel Paman Birin

Cuaca yang terasa kian panas kemarau saat ini menjadi atensi khusus Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor. Orang nomor satu di Bumi Antasari

Hindari Kebakaran Hutan dan Lahan saat Kemarau, Ini Saran Gubernur Kalsel Paman Birin
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Gubernur H Sahbirin Noor memberikan keterangan pers mengenai kewaspadaan bahaya api seusai menghadiri puncak perayaan HUT ke-69 Kabupaten Banjar di Martapura, Kamis (22/8) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Cuaca yang terasa kian panas kemarau saat ini menjadi atensi khusus Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor. Orang nomor satu di Bumi Antasari ini mengingatkan semua pihak mewasdapai bahaya api.

"Sekarang musim kemarau, hati-hati lah terhadap api. Kalau kecil, api itu jadi teman tapi kalau besar bisa jadi masalah karena dapat menyebabkan kebakaran," ucap lelaki enerjik yang akrab disapa Paman Birin ini, Kamis (22/08/2019).

Penegasan itu diucapkannya di hadapan ratusan undangan yang menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kabupaten Banjar. Acara seremonial tahunan yang digelar di halaman depan kantor bupati Banjar di kawasan Jalan A Yani, Martapura, ini berlangsung lancar dan meriah.

Baca: Dipantau Drone, Ternyata Lahan Terbakar di Tahura Sultan Adam 150 Hektare, Begini Suasana Pemadaman

Baca: Papua Punya Raja Empat, Guru Khalil Sebut Kabupaten Banjar Punya Raja Lima, di Sini Tempatnya

Baca: Baru Nikah, Roger Danuarta Ajak Wanita Cantik Ini ke Kamarnya, Cut Meyriska Bongkar Sifat Asli Suami

Terhadap warga maupun pihak mana pun yang saat ini sedang melakukan pembersihan lahan, Gubernur menyeru untuk menebas rerumputan atau semak belukar secara bersih. Tebas hingga pangkal batang sehingga tidak menjadi sumber bahaya kebakaran.

"Karena kalau menebasnya tak bersih, ketika ada yang membuang puntung rokok maka akan mudah menyulut api," tandasnya.

Ia juga mengingatkan semua pihak terutama kalangan yang suka merokok agar berhati-hati membuang puntung rokok. Apalagi ketika berada di lahan yang banyak semak belukar. Sebelum dibuang, puntung rokok mesti dipastikan telah mati.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved