Berita Banjarmasin

Pertamina Gelar Simulasi Keadaan Darurat Level I di TBBM Kotabaru, Ini Tujuannya

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan menggelar simulasi keadaan darurat di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kotabaru

Pertamina Gelar Simulasi Keadaan Darurat Level I di TBBM Kotabaru, Ini Tujuannya
Dari Pertamina MOR VI Kalimantan untuk BPost
Pertamina menggelar simulasi keadaan darurat level I di TBBM Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan menggelar simulasi keadaan darurat di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada (21/8/2019) lalu.

Dengan skenario kebakaran tangki, ceceran minyak yang berimplikasi pada kejadian huru-hara. Simulasi OKD level 1 ini melibatkan tim Penanggulangan Keadaan Darurat (TPKD) TBBM Kota Baru dan emergency management tim MOR VI Kalimantan.

Kegiatan simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan dan kesigapan dalam menangani keadaan darurat di Pertamina khususnya di Direktorat Pemasaran PT Pertamina (Persero) sesuai dengan pedoman keadaan darurat. Simulasi ini dilakukan setiap setahun sekali.

Pertamina dalam hal ini sudah berkoordinasi dengan pihak eksternal terkait kegiatan simulasi keadaan darurat.

Baca: Kalselpedia : Borneo RC Adventure Komunitas Penggemar Mobil Remote Control 4 x 4 Jeep

Baca: Breaking News : Kamis Pagi Gempa M 2,4 Guncang Mamasa Sulawesi Barat

Baca: Pesta Kuliner Lengkapi Puncak Perayaan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar, Paman Birin Pun Terkesima

Baca: Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Dipercepat, Begini Reaksi Tak Biasa Kepsek SMKN 1 Martapura

Tidak hanya internal, Pertamina melibatkan tim bantuan keadaan darurat dari pihak eksternal yaitu pemadam kebakaran, SAR, Komando Distrik Militer, dan juga Rumah Sakit terdekat.

Region Manager Communication & CSR Kalimantan Heppy Wulansari menyampaikan selama satu tahun terakhir tidak ada kejadian terkait dengan safety di lingkungan Pertamina MOR VI terkhusus di Kota Baru, namun hal ini baik dilakukan guna meningkatkan kesiagaan kita terhadap keadaan darurat.

Lebih lanjut, Heppy menambahkan bahwa warga sekitar TBBM tidak perlu khawatir dan panik atas simulasi ini dan kegiatan simulasi lebih kurang memakan waktu satu jam. Simulasi keadaan darurat berjalan lancar.

Baca: Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Ustadz Abdul Somad : Isi Ceramah Itu Diperuntukkan untuk Umat Islam

Baca: Jadi Youtuber Nomor 8 Terkaya di Dunia, Penghasilan Atta Halilintar 1 Bulan Capai Rp22,4 Miliar

"Kami berharap tidak ada insiden terjadi, namun jika memang kami harus menghadapi keadaan darurat, kami sangat optimis bisa tertangani dengan baik," tukas Heppy seperti dalam rilis yang diterima Banjarmasinpost.co.id. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved