Berita Kalteng

Soal Ibu Kota Negara, Kalteng Menyerahkan Sepenuhnya Keputusan di Presiden Jokowi

Adanya klaim dari beberapa pihak termasuk adanya pernyataan dari Menteri ATR Sofyan Djalil yang menegaskan, bahwa Ibu Kota Negara

Soal Ibu Kota Negara, Kalteng Menyerahkan Sepenuhnya Keputusan di Presiden Jokowi
Banjarmasinpost.co.id/faturahman
Sekda Prov Kalteng, Fahrizal Fitri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Adanya klaim dari beberapa pihak termasuk adanya pernyataan dari Menteri ATR Sofyan Djalil yang menegaskan, bahwa Ibu Kota Negara Republik Indonesia akhirnya dipilih di Kalimantan Timur, Kamis (22/8/2019) mendapat tanggapan berbagai kalangan.

Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri, Kamis (22/9/2019) menanggapi klaim tersebut, menegaskan, sejak awal sesuai dengan pengesan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden untuk menentukan lokasi ibu kota baru NKRI tersebut.

"Kita di Kalteng ini, menyerahkan sepenuhnya kepada pusat untuk menentukan lokasi ibu kota baru tersebut, karena Kalteng inikan secara historis sejak dulu diinginkan oleh Presiden Pertama RI, Soekarno yang menghendaki agar dijadikam sebagai Ibu Kota Negara," ujarnya.

Baca: Terjawab, Pemindahan Ibu Kota Baru di Kaltim, Kepemilikan Lahan Diamankan

Baca: BREAKING NEWS - Mobil Polantas Kejar-kejaran dengan Mobil Avanza Jadi Perhatian Warga Palangkaraya

Baca: Penumpang Avanza yang Dikejar Polisi Kalteng Membuang Sesuatu di Pinggir Jalan Sebelum Ditangkap

Baca: Menteri ATR Sebut Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur, Belum Mau Menyebutkan Lokasi Persisnya

Sehingga sebut dia, berdasarkan itupula kemudian wacana tersebut berkembang hingga Presiden menetapkan Pulau Kalimantan yang dipilih sebagai Ibu Kota Pemerintahan NKRI yang baru tersebut.

"Sekali lagi, kami di Kalteng siap saja jika dipilih sebagai Ibu Kota Negara yang baru, karena berdasarkan sejarahnya Presidem Soekarno ingin disini. Intinya kami serahkan keputusan kepada pusat, kami juga tidak ada melobi kepusat soal itu," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, juga beberapa kali menegaskan, pihaknya menyerahkan keputusan kepada Presiden untuk menentukannya, jika nantinya Kalteng dipilih, Kalteng siap menerimanya, demikian juga masyarakat Kalteng akan siap menerimanya.

(banjarmasinpost.co.id / faturhman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved