Berita Kabupaten Banjar

Soal Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan, Paman Birin Harapkan Hal Ini pada Warga Banjar

Pemindahan ibu kota negara hingga kini masih menjadi perbincangan hangat penduduk di negeri ini, termasuk masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel).

Soal Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan, Paman Birin Harapkan Hal Ini pada Warga Banjar
banjarmasinpost.co.id/idda royani
WAWANCARA - Gubernur H Sahbirin Noor dikerubungi wartawan seusai menghadiri Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar, Kamis (22/8) siang. Saat itu ia berkelakar bahwa ibu kota Nagara adalah Kandangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemindahan ibu kota pemerintahan hingga kini masih menjadi perbincangan hangat penduduk di negeri ini, termasuk masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel).

Apalagi secara tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan memilih Kalimantan sebagai tempat yang tepat.

Presiden belum menetapkan di wilayah provinsi mana yang akan dipilih menjadi tempat pemindahan ibu kota tersebut. Itu sebabnya para kepala daerah di Kalimantan pun masing-masing juga masih menyimpan asa yang kuat agar daerahnya yang dipilih.

Begitu halnya dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang sejak jauh-jauh hari telah menyatakan kesiapan daerahnya menjadi ibu kota negara. Bahkan secars tegas orang nomor satu di Bumi Antasari yang akrab disapa Paman Birin ini dalam berbagai pertemuan telah menyatakan semua persyaratan teknis, adiministratif dan lainnya bisa dipenuhi.

Baca: Menteri ATR Sebut Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur, Belum Mau Menyebutkan Lokasi Persisnya

Ia sangat berharap daerahnya terpilih sebagai tempat pemindahan ibu kota negara. Harapannya itu kembali ia gemakan saat menyampaikan sambutannya pada puncak Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar, Kamis (22/08/2019) siang, di Martapura.

Di hadapan Bupati Banjar H Khalilurrahman, Wabup H Saidi Mansur dan jajaran petinggi di Banjar dan Provinsi Kalsel serta tokoh masyarakat/agama dan elemen masyarakat lainya, Paman Birin kembali menegaskan bahwa Kalsel sangat siap menjadi ibu kota negara.

Ia mengatakan pemindahan ibu kota negara tentu membawa banyak dampak positif bagi daerah yang terpilih, di antaranya dampak ekonomi. Itu sebabnya ia berharap dukungan dan doa dari seluruh warga Banjar dan warga Kalsel lainnya.

Baca: Soal Ibu Kota Negara, Kalteng Menyerahkan Sepenuhnya Keputusan di Presiden Jokowi

Paman Birin meyakini doa juga hal penting yang harus dilakukan selain upaya lainnya. Apalagi di Kabupaten Banjar khususnya di Kota Martapura banyak ulama kharismatik.

"Saya berharap doa para ulama di sini agar Kalsel menjadi pilihan sebegai ibu kota negara sebagaimana yang diwacanakan pemerintah psuat. Semua itu juga demi kemajuan masyarakat Kalsel," ucap Paman Birin.

Saat diwawancarai wartawan seusai menghadiri seremonial Hari Jadi, ia enggan mengomentari pemindahan ibu kota negara tersebut. Sebaliknya malah berkelakar, "Ibu kota Nagara di Kandangan," celetuknya yang sepontan disambut gelak tawa jurnalis dan jajaran petinggi Pemkab Banjar dan lainnya.

Sekadar diketahui, Nagara merupakan salah satu nama tempat di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Kandangan adalah ibu kota HSS.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved