Berita Kabupaten Banjar

Topang Program Penghapusan Jamban Apung, Puskesmas Ini Dapat Penghargaan Bupati Banjar

Pasalnya inovasi tersebut secara nyata menopang program penghapusan jamban apung yang gencar digaungkan orang nomor satu di Bumi Barakat ini.

Topang Program Penghapusan Jamban Apung, Puskesmas Ini Dapat Penghargaan Bupati Banjar
HO/Humas Pemkab Banjar
TRIPICON - Kepala Puskesmas Martapura 1 Hj Siti Nurmah Megawati semringah menerima penghargaan dari Bupati H Khalilurrahman atas inovasinya membikin jamban Tripicon S 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pembuatan jamban Tripicon S yang dilakukan Puskesmas Martapura 1 mendapat apresiasi khusus dari Bupati Banjar H Khalilurrahman. Pasalnya inovasi tersebut secara nyata menopang program penghapusan jamban apung yang gencar digaungkan orang nomor satu di Bumi Barakat ini.

Penghargaan pun diberikan oleh H Khalilurrahman kepada Kepala Puskesmas Martapura 1 Hj Siti Nurmah Megawati pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kabupaten Banjar, Kamis (22/08/2019) siang.

Sekadar diketahui, inovasi jamban Tripicon S juga telah ambil bagian pada Innovative Govermment Award tahun 2019 pad a Kementerian Dalam Negeri dan mendapat apresiasi tinggi.

Bupati juga memberikan sejumlah penghargaan lainnya kepada sejumlah orang/pihak atas prestasi atau kinerja tinggi. Termasuk yang turut berkontribusi terhadap akselerasi pembangunan di Banjar melalui pemberitaan yang intens dan BPost Group pun menerima penghargaaan pada bisang ini yang diterima oleh Pemimpin Redaksi Musyafi.

Baca: Hotspot Muncul Tiap Hari, Segini Luasan Lahan Terbakar di Kabupaten Banjar Versi BPBD

"Kami berterima kasih kepada BPost Group/Tribunnews yang paling intens menyampaikan informasi pembangunan di Kabupaten Banjar sehingga berdampak positif terhadap pembangunan di daerah ini," ucap Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Banjar HM Farid Soufian didampingi Kasi Hubungan Media dan Layanan Informasi Paminto Arie Nugroho.

MEDIA - Pemimpin Redaksi BPost Group Musyafi menerima penghargaan dari Bupati Banjar H Khalilurrahman sebagai media yang paling intens mewartakan berita pembangunan di Kabupaten Banjar.
MEDIA - Pemimpin Redaksi BPost Group Musyafi menerima penghargaan dari Bupati Banjar H Khalilurrahman sebagai media yang paling intens mewartakan berita pembangunan di Kabupaten Banjar. (HO/Humas Pemkab Banjar)

Sementara itu Kepala Puskesmas Martapura 1 Hj Siti Nurmah Megawati seusai menerima penghargaan atas inovasi pembuatan jamban Tripicon S mengaku sangat tersanjung. Ia bertekad akan kian menggencarkan sosialisasi dan perluasan penerapan jamban yang ramah lingkungan tersebut.

"Penghargaan dari Pak Bupati itu tentu menjadi penyemangat tersendiri bagi kami untuk terus berbuat yang lebih baik lagi dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan layanan masyarakat, termasuk dalam hal meningkatkan sanitasi lingkungan dan hidup sehat," tandas Nurmah.

Selain membangun jamban darat bagi warga yang bermukim di bantaran sungai, Pemerintah Kabupaten Banjar sejak April lalu mulai mengenalkan jamban Tripicon kepada penduduk setempat.

Baca: BPOM HSU Temukan Kosmetik Tak Miliki Izin Edar Saat Razia di Balangan, Ini Pengakuan Pedagang

Warga Banjar cukup antusias terhadap jamban ramah lingkungan tersebut. Apalagi jamban ini mampu bertahan cukup lama hingga lima tahun tanpa pengurasan tinja.

Penuturan tenaga Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Martapura 1, Rusmani, beberapa waktu lalu, jamban Tripicon S bisa bertahan hingga lima tahun jika digunakan tiga jiwa. Jika digunakan lima jiwa tahan sekitar tiga tahun.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved