Otomotif

Inilah 5 Merek Mobil Ramah Lingkungan yang Pantas Jadi Tunggangan Jokowi dan Menteri Kabinetnya

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta para menterinya untuk masa jabatan 2019-2024 akan mendapat mobil dinas baru.

Inilah 5 Merek Mobil Ramah Lingkungan yang Pantas Jadi Tunggangan Jokowi dan Menteri Kabinetnya
Lexus
Teknologi ini akan disematkan di model Lexus. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta para menterinya untuk masa jabatan 2019-2024 akan mendapat mobil dinas baru.

Mobil presiden dan menteri ini nantinya akan dipasok oleh PT Astra International TBK (AI) selaku pemenang tender Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri.

AI sendiri memegang hak distribusi beberapa merek otomotif, seperti Toyota, Lexus, BMW, Peugeot, dan lainnya. Untuk mobil dinas menteri nanti, dikabarkan akan jatuh pada Toyota Crown Royal Saloon.

Lalu, berdasarkan spesifikasi yang ditetapkan pemerintah, yakni mobil menteri kualifikasi A1 harus berwujud sedan dengan mesin 3.500 cc, enam silinder atau sport utility vehicle (SUV) 3.500 cc, enam silinder.

Terlepas dari itu semua, mobil ramah lingkungan juga layak digunakan menjadi mobil dinas menteri. Hal tersebut juga sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik. Selain itu, sejalan juga dengan Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Baca: Hasil BWF World Championship 2019 - Tampil Gemilang, Jonatan Christie Melaju Mudah ke Perempat Final

Baca: BREAKING NEWS - Begini Detik-detik Pembantaian di KM Mina Sejati, ABK Lagi Tidur Langsung Dibacok

Baca: LINK LIVE STREAMING Nonton Film Si Doel The Movie dan Terlalu Tampan dalam Rangkaian HUT KE-30 RCTI

Berikut daftar 5 mobil ramah lingkungan yang layak jadi mobil menteri:


BMW i3S dan i3

1. BMW i3s BEV

BMW i3s dilengkapi dengan motor listrik berteaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Motor ini lebih besar 40 persen dari i3 dan membuat i3s memerlukan waktu 6,9 detik untuk melesat 100 kpj dengan jarak tempuh 260 kilometer. BMW i3s dibanderol Rp 1,299 miliar off the road. Namun, bodinya yang kompak sepertinya memaksa para menteri harus lebih sedikit membawa barang bawaan.


Detil produk terbaru dari Mitsubishi di GIIAS 2019, Outlander PHEV(Kompas.com/Setyo Adi)

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved