Berita Banjarmasin

Satker Kemenkeu di Kalselteng Persiapkan Transformasi Digital, Wicaksono Ingatkan Ini

Kementerian Keuangan menggelar Bincang Transformasi dengan Tema Penerimaan & Dialog Penguatan Kebangsaan,

Satker Kemenkeu di Kalselteng Persiapkan Transformasi Digital, Wicaksono Ingatkan Ini
Dari DJBC untuk BPost
Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan, HB Wicaksono¬†buka workshop Transformasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satker Kementerian Keuangan Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah menyiapkan Implementasikan Transformasi Digital.

Kementerian Keuangan menggelar Bincang Transformasi dengan Tema Penerimaan & Dialog Penguatan Kebangsaan, Kamis (22/8/2019) bertempat di Aula Kanwil DJP Kalselteng.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan, HB. Wicaksono membuka acara di hadapan para Pimpinan Satker, Change Agent serta Light House Team Kemenkeu Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Tujuan kegiatan ini menurut HB Wicaksono guna meningkatkan awareness pegawai Kemenkeu di wilayah Kalsel dan Kalteng dalam mengimplementasikan fase ke-5 Inisiatif Strategis Reformasi
Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (IS RBTK), yaitu fase Transformasi Digital.

Baca: Ayah Julia Perez Blak-blakan Soal Pertengkaran 2 Anaknya Karena Warisan yang Bikin Ruben Onsu Marah

Baca: Atasi Kesemrawutan Lingkungan Pasar Tayibah Martapura, Begini Solusi yang Dilakukan PD Pasar dan PKL

Baca: Hasil Barito Putera vs Persipura Liga 1 2019, Skor Jadi 0-4, Suporter Tuan Rumah Bersorak

Baca: Rasanya Maknyus, Rawon dan Sop Iga Sapi di Amaris dibanderol Rp 35.000

Wicaksono dalam sambutannya menekankan bahwa dalam fase Transformasi Digital, hal yang perlu dikedepankan adalah integrasi proses bisnis serta simplifikasi prosedur melalui pemanfaatan teknologi informasi, baik terkait dengan proses penerimaan dan belanja Negara, pelaksanaan tugas dan fungsi, sampai dengan proses peningkatan kualitas SDM melalui e-learning.

Secara khusus, Wicaksono juga mengingatkan mengenai pelaksanan joint program yang juga merupakan bagian dari IS RBTK.

“Yang dikehendaki adalah bahwa antar unit eselon I di lingkungan Kemenkeu harus saling bekerja sama, bukan sama-sama bekerja”, tegasnya.

Bincang Transformasi di Banjarmasin kali ini terdiri dari 3 sesi materi, yaitu pengenalan Transformasi Digital, diskusi panel pelaksanaan joint program penerimaan, serta dialog penguatan kebangsaan.

Pada sesi pertama, Adelina Sirait selaku Chief Reporting Officer Tim Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Pusat (TRBTKP) menyampaikan beberapa IS RBTK yang mendukung Transformasi Digital.

Diantaranya yaitu Modern E-Learning sebagai alat utama dalam pengembangan SDM, Manajemen Pengelolaan Akun atas Penerimaan Negara yang Terintegrasi atau URAM (Unified Revenue Account Management), Joint Program Optimalisasi Penerimaan, Simplifikasi Pelaksanaan Anggaran dan Penyediaan Data Transaksi Pemerintah Daerah untuk Mendukung Perumusan Kebijakan
Fiskal.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved