Public Services

Berapa Lama Pengurusan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Kota Banjarbaru?

Kepada Kepala Badan Pertanahan Kota Banjarbaru, kami mohon penjelasan perkiraan waktu yang diperlukan dalam pengurusan sertifikat mulai dari

Berapa Lama Pengurusan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Kota Banjarbaru?
kompas.com
sertifikat tanah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kepada Kepala Badan Pertanahan Kota Banjarbaru, kami mohon penjelasan perkiraan waktu yang diperlukan dalam pengurusan sertifikat mulai dari: 1. Penyerahan berkas pendaftaran sampai pengukuran. 2. Pengukuran sampai terbitnya konsep SK yang lampirannya ditandatangani lurah. 3. Konsep SK sampai terbitnya SK. 4. Penyelesaian pajak sampai terbitnya sertifikat. Tanah tidak dalam sengketa, surat kepemilikan lengkap, patok dan tandatangan perbatasan lengkap. Atas perkenan bapak, sebelumnya kami ucapkan terima kasih. 08164567865

TANGGAPAN:
BERDASAR Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku pada Badan Pertanahan Nasional bahwa, untuk proses permohonan pendaftaran tanah pertama kali yang meliputi kegiatan pengukuran, Pemeriksaan Tanah hingga terbitnya SK Hak, dan Pendaftaran Hak (Penerbitan Sertifikat), penyelesaiannya paling lambat 97 hari.

Namun, dengan catatan semua persyaratan sudah dipenuhi pemohon yaitu fotocopi KTP, Kartu Keluarga, SPP PBB tahun terakhir, dan Surat Tanah.

Kemudian setelah dilakukan pengukuran, Gambar Ukur Pertelaan ditandangani oleh pihak yang berbatasan dan aparat yang berwenang. Kemudian setelah SK Hak terbit, ada pembayaran PHTB yang sudah diverifikasi Instansi Pajak Daerah, setelah itu barulah terbit sertifikat. Demikian dan terima kasih.

AHMAD YANUARI SH MH, Kepala BPN Banjarbaru

Perbaiki Saluran Drainase Jalan Kesuma Jaya
BANJARMASINPOST.CO.ID - TAPIN - Kepada Yth Bapak Bupati Tapin dan instansi terkait. Bersama ini kami memohon agar sesegera mungkin memperbaiki saluran drainase di Jalan Kesuma Jaya, Keraton Raya dan Cangkering. Karena apabila musim hujan, jalan tersebut terendam.

Semoga jadi perhatian Bapak dan jadi prioritas dalam pembangunan tata ruang kota. Sesuai janji Bapak pada waktu kampanye pencalonan bupati pada Juni tahun lalu. Kota-kota lain di Kalsel bersih, rapi dan tertata baik taman, jalan maupun saluran drainasenya. Kota Rantau masih banyak yang harus dibenahi. Terima kasih. 081250966961

TANGGAPAN:
TERIMA kasih atas perhatian Saudara pembaca Banjarmasin Post. Dinas PU Kabupaten Tapin akan melakukan perbaikan dan pembenahan Drainase di Kabupaten Tapin secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

Mohon dukungan dan partisipasi warga Tapin untuk bersama menjaga dan memelihara hasil pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini. Terima kasih.

H YUSTAN AJIDIN ST MT, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tapin

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved