Berita Banjarmasi

NEWSVIDEO : Ini Gapura di Banjarmasin 10 Besar Juara Kontes Gapura Cinta Negeri Nasional Tahun 2019

Gapura berkonsep lampion khas Tanglong ini berhasil singkirkan lebih dari seribu empat ratus peserta Kontes lainnya di seluruh Indonesia.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga Jalan Pramuka, Komplek Kenanga Citra Puri RT 07, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) patut berbangga karena berhasil menjadi 10 besar juara kategori umum Kontes Gapura Cinta Negeri Nasional Tahun 2019.

Gapura berkonsep lampion khas Tanglong ini berhasil singkirkan lebih dari seribu empat ratus peserta Kontes lainnya di seluruh Indonesia untuk tempati posisi 10 besar tersebut.

Dengan capaian ini, selain akan dapatkan hadiah lomba, perwakilan warga RT 07 Komplek Kenanga Citra Puri , Banjarmasin juga rencananya akan diajak bertemu langsung dengan Presiden RI, Joko Widodo di Jakarta untuk menerima apresiasi.

Namun walaupun sudah resmi termasuk dalam 10 besar juara, warga RT 07 Komplek Kenanga Citra Puri masih bertekad rebut titel juara umum dan juara favorit kontes nasional ini.

Baca: Masuk 10 Besar Kontes Nasional Gapura Cinta Negeri, Warga Banjarmasin Ini Akan Bertemu Presiden

Menurut salah satu warga yang juga salah satu pengonsep gapura ini, Erwin, jika menjadi juara umum tentu akan lebih bergengsi karena akan mendapatkan Piala Bergilir dari Presiden RI.

"Walau sudah 10 besar, tapi kontes belum selesai. Tentu akan membanggakan kalau Juara Umum dan dapatkan Piala Bergilir Presiden. Penentuan juara umum dan favorit di Jakarta nanti," kata Erwin.

Tak heran memang gapura kreasi warga RT 07 Komplek Kenanga Citra Puri masuk 10 besar juara nasional, pasalnya pembuatan gapura tersebut menghabiskan waktu puluhan jam dan tenaga puluhan warganya untuk membuatnya.

Bangunan utama gapura berbentuk genggaman tangan yang menopang replika simbol negara Indonesia, Burung Garuda emas lengkap dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika.

Pada bagian kanan ada juga replika maskot Kalsel, Bekantan yang mengayuh jukung alat transportasi sungai khas Banjar.

Sedangkan di bagian kiri ada replika perlombaan panjat pinang lengkap dengan replika orang berpakaian adat berbagai daerah yang bekerjasama memanjat replika batang pinang.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved