Kriminalitas Kalteng

Falentinus dan Embing Ditangkap Polisi Barito Utara karena Palsukan ini

Tindakan nekat dilakukan oleh Falentinus alias Tinus (36), warga Barito Utara yang tinggal di Jalan Temanggung Bongket, RT. 06, DesaHajak

Falentinus dan Embing Ditangkap Polisi Barito Utara karena Palsukan ini
Polres Barito Utara
barbuk, Printer merk Epson L200, Flashsisk yang berisi hasil editan SKCK, SIM BII, Surat Pengalaman Kerja dan lain-lain, Hasil print SIM BII, satu rim kertas HVS kosong, 1 bendel KTP 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Tindakan nekat dilakukan oleh Falentinus alias Tinus (36), warga Barito Utara yang tinggal di Jalan Temanggung Bongket, RT. 06, DesaHajak, Kecamatan Teweh Baru

Ia berurusan dengan polisi karena nekat memalsukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang dikenal surat kelakuan baik.

Polisi mengungkap pemalsuan dokumen SKCK yang biasa dipakai sebagai salah satu syarat untuk seseorang masuk bekerja ini, ketika meneliti SCK yang dipakai oleh Embing Syamsuddin (39) seorang petani warga Barut yang tinggal di Jalan Temanggung Bongket, RT. 06, Desa Hajak, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara.

Keterangan, Kapolres Barito Utara, AKBP Dostan Matheus Siregar, yang dilansir Humas Polda Kalteng, Minggu (25/8/2019) menyebutkan, penetapan dua tersangka yakni Falentinus dan Embing Syamsuddin, ketika adanya laporan warga yang mencurigai dokumen SKCK yang berbeda dengan yang dikeluarkan oleh Polres Barut, milik tersangka Embing Syamsuddin.

Baca: Pesan Pilu Mulan Jameela di Ulang Tahun ke-40 Beda dengan Bahagianya Maia Estianty dan Dul Jaelani

Baca: Peringatan Kak Seto untuk Nikita Mirzani dan Sajad Ukra Akan Masa Depan Azka Mawardi

Baca: Inilah Tips Miliki Anak Kembar Seperti Irish Bella-Ammar Zoni dan Syahnaz-Jeje Govinda

Ada keanehan dari SKCK milik tersangka.

Saat ingin dilakukan perpanjangan di Polres, setelah melalui penelitian berkas persyaratan termasuk SKCK yang masa berlakunya habis (foto copy SKCK), ada beberapa kejanggalan.

"Kop Kesatuan Polres Barito Utara; Nomor SKC, Nama Kasat Intelkam Polres Barito Utara yang menandatangani SKCK, Cap stempel yang digunakan adalah cap stempel Polsek Teweh Tengah, Polres Barito Utara," ujar Kapolres.

Kemudian, setelah melalui penelitian anggota Unit Identifikasi Satuan Reskrim Polres Barito Utara, ditemukan ketidaksesuaian antara rumus sidik jari milik tersangka Embing Syamsudin yang tertera di SKCK dengan rumus sidik jari hasil identifikasi anggota Unit Identifkasi.

Hasil pemeriksaan, tersangka Embing, menerangkan ia mendapatkan SKCK tersebut dari hasil pembuatan tersangka Falentinus.

Kemudian digeledahlah rumah Falebtinus, ditemukan barbuk, Printer merk Epson L200, Flashsisk yang berisi hasil editan SKCK, SIM BII, Surat Pengalaman Kerja dan lain-lain, Hasil print SIM BII, satu rim kertas HVS kosong, 1 bendel KTP.

Falantinus dimintai keterangan dan mengakui, bahwa dia memalsukan SKCK tersebut milik tersangka Embing Syamsuddin.

Akibat perbuatannya Embing dan Falentinus dijadikan tersangka dalam pemalsuan SKCK tersebut.

banjarmasinpost co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved