Berita Banjarmasin

Tabalong Pertahankan Gelar Juara Kampung Banjar di Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019

Kabupaten Tabalong berhasil mempertahankan gelar sebagai juara Kampung Banjar dalam gelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019.

Tabalong Pertahankan Gelar Juara Kampung Banjar di Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019
Lilis untuk banjarmasinpost.co.id
Stan Kampung Banjar milik Tabalong saat dikunjungi oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat pembukaan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabupaten Tabalong berhasil mempertahankan gelar sebagai juara Kampung Banjar dalam gelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019.

Seperti diketahui, ada banyak lomba yang digelar dalam ajang yang dipusatkan di Jalan Jendral Sudirman Siring 0 Kilometer Banjarmasin ini.

Lomba yang digelar selama tiga hari tersebut yakni Lomba Kampung Banjar, Lomba Acil Jukung, Lomba Belanjaan (balapan) Jukung, Lomba Masak hingga Lomba Foto.

Khusus untuk Lomba Kampung Banjar, sudah dimulai sejak pembukaan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 yakni Jumat (23/8/2019) sore.

Lomba Kampung Banjar ini sendiri pesertanya merupakan perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kalsel, dan membuat stan di Siring 0 Kilometer Banjarmasin.

Baca: Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Baca: Rabu (28/8/2019), Jamaah Haji Asal Kabupaten Tapin Tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru

Baca: Setelah Touring Menaklukkan Tiga Negara, Rombongan SBBE Lakukan Ini di Banjarmasin Post

Masing-masing stan ini pun menawarkan berbagai produk baik itu produk kuliner khasnya masing-masing, serta pernak pernik lainnya.

Dan masing-masing stan ini pun dihiasi sedemikian rupa, sesuai dengan daerah asalnya masing-masing kemudian dinilai oleh dewan juri.

Dan saat diumumkan pemenangnya, yang menjadi juaranya adalah peserta asal Tabalong yang mengusung kampung masyarakat Kalua dan juga Dayak Deah Upau serta Dayak Maanyan Warukin.

Selain memunculkan nuansa Dayak yang ada di Tabalong, stan ini juga menjual beragam produk makanan khasnya seperti nasi paliat dan juga bingka kacung.

"Selain itu kami juga melakukan inovasi dengan menjual jamu guka aren dari Desa Tratau yang sudah pernah juara 3 di tingkat nasional. Dan juga ada pengobatan berupa totok Dayak yang cukup banyak peminatnya," kata Lilis Martadiana selaku Kabid Pariwisata Tabalong.

Halaman
123
Penulis: Frans
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved