Berita Tanahbumbu

Warga Senang Selalu Disambangi Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Loban

Warga Desa Dwi Marga Utama merasakan aman dan nyaman berkat program sambang desa yang rutin dilaksanakan Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Loban

Warga Senang Selalu Disambangi Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Loban
Dari Polsek Sungai Loban untuk BPost
Sambang warga dan desa binaan oleh Brigadir Dewan Daru 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Warga Desa Dwi Marga Utama merupakan salahsatu desa di Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanahbumbu. Mereka selama ini merasa lebih aman, nyaman tinggal dan berdomisili di desa tersebut.

Rasa aman, nyaman tinggal dan berdomisili di desa itu dirasakan warga, karena situasi kondisi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kondusif selalu terpelihara.

Suasana kondusifitas kamtibmas selalu terjaga, tidak hanya tingginya sikap toleransi sesama warga. Namun terciptanya situasi itu, tidak terlepas keaktifan personel Bhabinkamtibmas di jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Sungai Loban.

Terlebih situasi kondusifitas terjadi di desa Dwi Marga Utama. Selain keaktifan Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan sambang desa, namun kegiatan juga diisi dengan dialogis.

Baca: Kalteng Putera Vs Bhayangkara FC Hari Ini di Stadion Tuah Pahoe, Gomes : Kami Ingin Meraih 3 Poin

Baca: Jadwal Siaran Langsung MotoGP Inggris 2019 di Trans7, Minggu (25/8/2019), Trend Positif Rossi

Baca: KM Santika Nusantara Terbakar, Karjono 11 Jam Terapung di Laut

Baca: Dipindah dari SMPN 15 ke SMP Terbuka, Putri Tidur Tak Semangat Belajar

Menciptakan kedekatan masyarakat dengan anggota Polri menjadi lebih dekat. Sehingga keberadaan petugas di tengah-tengah masyarakat lebih bisa dirasakan.

Seperti dialami Brigadir Dewan Daru. Setiap melaksanakan kegiatan sambang desa, ia selalu disambut baik warga di desa binaannya. Pun saat menyampaikan pesan-pesam kamtibmas.

Langkah inovatif pun kerap dilakukan Brigadir Dewan Daru. Pesan-pesan kamtibmas sering disampaikan, tidak lupa disisipi pesan serta imbauan lainnya.

Warga di desa binaan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan seperti menjaga lingkungan rumah. Terutama saat pergi meninggalkan rumah, sebelumnya terlebih dulu dipastikan rumah dalam keadaan aman.

"Memastikan apakah pintu rumah benar-benar terkunci mengantisipasi pencurian. Serta mengecek listrik dan kompor, untuk menghindari terjadi musibah kebakaran," pesan Dewan Daru.

Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subyantoro SIK melalui Kapolsek Sungai Loban Iptu H Tony Haryono SE.MM mengakui, keaktifan Bhabinkamtibmas selain upaya mengantisipasi terjadi gangguan kamtibmas di masing-masing desa binaan.

Kegiatan sambang desa sekaligus keinginan Polri untuk lebih mendekatkan diri, sehingga keberadaan polisi di tengah-tengah masyarakat benar-benar dirasakan.

Baca: Nasib Tenaga Honorer, Hilman : Pengangkatan Tenaga Honorer Teramat Dilematis

Baca: Raih Juara 2 Nasional Wana Lestari 2019, Mapala Sylva Tak Hanya Naik Gunung dan Jelajahi Hutan

Ketika ada riak masalah sekecilpun yang berpotensi memunculkan permasalahan besar, lebih awal bisa dicegah. Bisa melalui musyawarah yang melibatkan tiga pilar desa serta masyarakat terkait atau disebut problem solving (penyelesaian masalah).

"Maka dari itu, tujuan kegiatan sambang desa menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dengan harapan situasi tetap aman dan kondusif," harap Tony. (banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved