Berita Banjar

Programkan Peremajaan Sawit Banjar, Disnakbun Usulkan 172,85 hektare ke Pemerintah Pusat

Disnakbun Banjar mengusulkan 172,85 hektare kebun sawit untuk masuk program peremajaan sawit rakyat (PSR).

Programkan Peremajaan Sawit Banjar, Disnakbun Usulkan 172,85 hektare ke Pemerintah Pusat
Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Banjar, Dondit Bekti. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Meski harga minyak karet mentah atau crude palm oil (CPO), belum sepenuhnya membaik, namun pemerintah terus mendorong pengembangan komoditas penghasil minyak nabati utama ini.

Bahkan tahun ini pemerintah pusat menggelontorkan dana yang lumayan besar untuk menopang program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Kabupaten Banjar termasuk yang berpeluang masuk pada program tersebut.

"Kami mengusulkan 172,85 hektare agar masuk program PSR tahun ini. Usulan telah kami layangkan," ucap Kepala Dinas Peternakan dan Perkebumam (Disnakbun) Banjar Dondit Bekti Agustiono, Senin (26/08/2019).

Kebun sawit rakyat tersebut berada di Desa Karyamakmur Kecamatan Cintapuri. Pemiliknya 62 kepala keluarga (KK). Ada delapan item persyaratan administratif yang harus dipenuhi telah dipenuhi.

Baca: Gunung Kayangan Jadi Kawasan Rawan Kecelakaan, Ini Imbauan Satlantas Polres Tanahlaut

Baca: Foto Seksi Ashanty Mandi Dibagikan Anang Hermansyah, Rindu pada Ibu Sambung Aurel

Baca: Pesangon Merry dari Raffi Ahmad Rp 600 Juta Modal Kawin? Suami Nagita Slavina Bantah Merry Kembali

Baca: Harta Warisan Disiapkan Ruben Onsu untuk Betrand Peto, Suami Sarwendah Minta Jaga Thalia dan Thania

Di antaranya scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), scan Kartu Keluarga (KK), surat tanah, surat pernyataan pernah menanam, dan surat pernyataan siap melakukan penanaman bibit unggul.

Berkas tersebut dikirim ke Dirjen Perkebunan dan selanjutnya diveriifikasi. Jika dinilai lengkap, sebut Dondit, berkas akan diteruskan ke Kemenko Ekuin sebagai pihak yang menyalurkan dananya. 

Per hektare kebun sawit akan mendapatkan alokasi dana Rp 25 juta dan akan langsung dikirim ke rekening pekebun. "Satu KK maksimal hanya empat hektare. Sekarang menungu verifikasi dari Dirjen Perkebunan," tandasnya. 

Tahapan tersebut, lanjutnya, bisa dibarengi kegiatan turun ke lapangan dari Kementerian Perkebunan. Namun bisa juga tidak turun ke lapangan jika berkas yang diverifikasi dinilai lengkap dan clear. 

Lebih lanjut ia menuturkan sawit rakyat lainnya yang juga perlu dilakukan peremajaan antara lain di Desa Sumbersari, asindangjaya, Alalak, Padang. Seluruhnya berada di Kecamatan Cintapuri.

 Di Kabupaten Banjar saat ini tercatat 5.400 hektare sawit rakyat. Dari luasan ini yang perlu diremakan skitar 1.200 hektare.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved