Bumi Sanggam

Biasakan Anak untuk Membaca, Pekan Gemar Baca Balangan Digelar

Dalam rangka meningatkan minat baca, Dinas Perpustakaan Balangan menggelar Pekan Gemar Baca 2019

Biasakan Anak untuk Membaca, Pekan Gemar Baca Balangan Digelar
Dinas Kominfo Balangan
Pemukulan gong menandai dibukanya pekan gemar baca 2019 di Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pertunjukan tari yang dibawakan beberapa pelajar mengawali dibukanya Pekan Gemar Baca tahun 2019 di Kabupaten Balangan digelar di Taman Sanggam, Paringin, Selasa (27/8/2019).

Pekan Gemar Baca yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan ini juga diramaikan dengan hadirnya bazar murah ribuan buku.

Selain itu juga dilaksanakan beberapa kegiatan yang melibatkan pelajar dari TK dan SD, diantaranya lomba bercerita dan lomba mewarnai.

Bupati Tabalong H Ansharuddin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten 3 Setda Balangan, Hasmiati, menyampaikan, yahun 2017 2021 telah dicanangkan sebagai tahun gerakan balangan membaca.

Pekan gemar membaca ini merupakan bagian sekaligus pendukung gerakan tersebut, dan harus dimanfaatkan momennya.

"Perlu saya tekankan, bahwa bagian paling penting, sekaligus pendukung paling utama dari gerakan Balangan membaca bukanlah bazar-bazar buku ataupun berbagai lomba terkait minat baca. Akan tetapi, bagian paling penting dan pendukung paling utamanya, tidak lain adalah kita sendiri," ucapnya.

Untuk itulah, dirinya mengajak kepada semua orangtua untuk bisa menjadi contoh gemar membaca bagi anak-anak di rumah dan bagi orang-orang di sekitar.

"Sediakan di rumah, minimal satu buku untuk satu orang. Bacalah setidaknya 30 menit sehari. Insya allah, 30 menit membaca buku akan jauh lebih bermanfaat dibanding berjam-jam menonton televisi," katanya.

Tarian dari pelajar saat pembukaan pekan gemar baca Balangan
Tarian dari pelajar saat pembukaan pekan gemar baca Balangan (Pemkab Balangan)

Dalam kesempatan itu, melalui sambutan tertulisnya bupatuijuga mengimbau seluruh masyarakat dan elemen di Kabupaten Balangan, untuk terus meningkatkan dan menggalakkan kebiasaan membaca buku.

"Kalau bakso, itu makanan bagi tubuh kita, dibeli satu kali habis dimakan satu kali. Kalau buku, itu makanan bagi jiwa kita, dibeli satu kali bisa dikonsumsi terus-menerus, bahkan gizinya bisa kita bagi-bagikan tanpa sedikitpun mengurangi kandungannya, dan bisa berbuah pahala jariyah," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan Balangan, Mahyudi, mengatakan inti dari kegiatan ini untuk memacu dan mengembangkan minat baca masyarakat terhadap buku-buku.

Termasuk dengan cara menggelar lomba bercerita yang diikuti 30 peserta untuk tingkat SD/MI se-Kabupaten Balangan.

"Itu juga salah satu bentuk untuk memacu dan memotivasi masyarakat agar gemar membaca,“ tukasnya.

Bazar ribuan buku dengan harga murah
Bazar ribuan buku dengan harga murah (Dinas Kominfo Balangan)

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Pembinaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Wildan Akhyar, mengatakan, pihaknya mendukung sekali kegiatan pekan gemar baca ini, karena sangat mendukung prioritas pembangunan Provinsi Kalsel, yaitu Kalsel Cerdas.

“Dengan adanya kegiatan pekan gemar baca ini tentunya diharapkan minat baca akan semakin meningkat, lalu orang berbondong-bondong datang kesini untuk membaca buku,” ucapnya.(aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved