Bumi Antaludin

Festival Seni Bela Diri Kuntau di HSS, 11 Perguruan Kuntau Turunkan Pendekar-pendekar Tangguh

Pemkab HSS menggelar Festival Seni Bela Diri Tradisional se Kabupaten HSS. 11 Perguruan turunkan pesilat tangguh

Festival Seni Bela Diri Kuntau di HSS, 11 Perguruan Kuntau Turunkan Pendekar-pendekar Tangguh
Dinas Kominfo HSS
Pemkab HSS menggelar Festival Seni Bela Diri tradisional Kuntau di HSS, 11 Perguruan Kuntau Turunkan Pendekar-pendekar Tangguh 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyelenggarakan Festival Seni Bela Diri Tradisional Kuntau se Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Jumat (23/8/2019) lalu, di Panggung Terbuka Darmansyah Zauhidie, Kandangan dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nordiansyah.

Festival ini diikuti oleh 11 peguruan kuntau. Festival ini dibuka dengan dua kategori yakni kategori anak-anak dan kategori dewasa.

Peserta festival merupakan masyarakat Hulu Sungai Selatan dengan batasan usia dari delapan sampai dengan 25 tahun. Serta merupakan utusan dari perguruan kuntau yg ada di Hulu Sungai Selatan.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Selaran, Sri Wiyono, membeberkan jika festival seni bela diri tradisional Kuntau diselengarakan hingga 24 Agustus.

Kegiatan festival kuntau ini diselenggarakan selain dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, juga juga sebagai event tahunan di Hulu Sungai Selatan.

11 Perguruan Kuntau Turunkan Pendekar-pendekar Tangguh pada pagelaran festival seni bela diri kuntau
11 Perguruan Kuntau Turunkan Pendekar-pendekar Tangguh pada pagelaran festival seni bela diri kuntau (Dinas Kominfo HSS)

Sri menjelaskan, tujuan festival ini digelar agar meningkatkan rasa kepedulian dan kebanggaan generasi muda terhadap kekayaan budaya daerah. Termasuk Seni Bela Diri Tradisional Kuntau. Selain itu, kegiatan ini sebagai upaya pembinaan dan menjaga kelestarian seni bela diri tradisonal kuntau.

"Kami ingin memupuk semangat kebersamaan dan menjadi ajang silaturahmi para pecinta bela diri kuntau yg ada di Hulu Sungai Selatan," bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Nordiansyah, mengaku bangga karena bisa mempertahankan program ini. Sebab, menurutnya, seni bela diri kuntau merupakan bagian dari olahraga tradisional.

Foto bareng peserta Festival Seni Bela Diri Kuntau di HSS dari 11 Perguruan Kuntau di HSS
Foto bareng peserta Festival Seni Bela Diri Kuntau di HSS dari 11 Perguruan Kuntau di HSS (Dinas Kominfo HSS)

"Olahraga tradisional ini salah satu dari 10 sasaran dari kemajuan kebudayaan yang ada di Indonesia. Karena berdasarkan Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan, olahraga tradisional termasuk sasarannya.

Pemkab Hulu Sungai Selatan mempunyai komitmen untuk terus menjaga kelestarian olahraga daerah termasuk kuntau ini," katanya.

Nordiansyah mengaku bangga karena sebagian besar peserta adalah anak-anak. Artinya banyak anak anak cinta terhadap olahraga ini dan melestarikan budaya tradisional seni bela diri kuntau.

Festival Seni Bela Diri Kuntau di HSS, 11 Perguruan Kuntau Turunkan Pendekar-pendekar Tangguh
Festival Seni Bela Diri Kuntau di HSS, 11 Perguruan Kuntau Turunkan Pendekar-pendekar Tangguh (Dinas Kominfo HSS)

(AOL)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved