Berita Tanahbumbu

Pemda Tanbu Persiapkan SDM Berkualitas, Yakin Ibu Kota Baru Berdampak Positif ke Tanahbumbu

Presiden Joko Widodo menetapkan Panajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kutai Kertanegara, Provinsi Kaltim lokasi pemindahan ibu kota baru.

Pemda Tanbu Persiapkan SDM Berkualitas, Yakin Ibu Kota Baru Berdampak Positif ke Tanahbumbu
istimewa
Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Presiden Joko Widodo menetapkan Panajam Paser Utara dan sebagian wilayah di Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) lokasi pemindahan ibu kota baru.

Dengan telah ditetapkannya dua wilayah di Provinsi Kaltim lokasi ibu kota baru, harapan Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi ibu kota baru pun akhirnya pupus.

Tidak kecuali, Kabupaten Tanahbumbu yang sempat menggadang-gadang bisa menjadi lokasi pemindahan ibu kota baru tersebut.

Bahkan untuk bisa menjadi wilayah pemindahan ibu kota baru di kabupaten berjuluk Bumi Bersujud, sempat kontras. Bahkan sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Baca: Profil dan Potensi Ekonomi Penajami Paser Utara dan Kutai Kartanegara yang Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

Namun perbincangan itu kini mulai surut, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan dan menetapkan lokasi pemindahan ibu kota baru ke Panajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu H Rooswandi Salem mengatakan, pilihan ibu kota baru di Kaltim mungkin sudah pilihan tepat menurut tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Selain itu, kata Rooswandi, penetapan lokasi pemindahan ibu kota baru di Kaltim. Tentunya sudah mempertimbangkan dari segala tekhnis dan pertimbangan lainnya.

"Bagi Tanahbumbu tentunya sebagai kabupaten terdekat pasti akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan pembangunan," jelas Rooswandi kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca: Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru di Kaltim, Gubernur : Warga Gembira Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota

Oleh karena itu, sebagai kabupaten terdekat yang bakal mendapat dampak positif. Ada beberapa langkah harus dipersiapkan dari sekarang, seperti mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk menunjang ibu kota.

Melalui peningkatan kualitas pendidikan vokasi, agar masyarakat dapat bersaing di era global terutama menyikapi perkembangan pembangunan ibu kota.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved