Berita HST

Desa Awang Sempat Terbakar Seluas 15 Hektare, Ini yang Dilakukan Satgas Karhutla HST

Anggota Sub Satgas-2 Karhutla Kodim 1002/Barabai terus menerus melaksanakan patroli untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan yang ada di wilayah HST

Desa Awang Sempat Terbakar Seluas 15 Hektare, Ini yang Dilakukan Satgas Karhutla HST
Humas Kodim Barabai
Asap kebakaran lahan di Desa Awang, Kabupaten HST 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Anggota Sub Satgas-2 Karhutla Kodim 1002/Barabai terus menerus melaksanakan patroli untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan yang ada di wilayah Hulu Sungai Tengah.

Kali ini Tim-2 Sub Satgas-2 Karhutla Kodim 1002/Barabai yang dipimpin oleh Pelda Riyanto melaksanakan patroli di desa Awang Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pada Selasa (27/8/2019).

Tim yang beranggotakan satu orang anggota TNI, dua orang anggota Polri, Manggala Agni Kabupatrn HST dua orang dan warga masyarakat tiga orang, mendapati wilayah Desa Awang terbakar.

Tak tanggung-tanggung, luas kebakaran mencapai 15 hektare. Riyabto membeberkan dari keterangan yang diperolehnya dari warga lahan tersebut milik warga masyarakat Desa Birayang Kecamatan Batang Alai Selatan.

Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, saat ini kondisi sudah padam. "Memang saat ditemukan menyisakan asap sisa kebakaran," terang Riyanto.

Baca: 100 Pemadam Swasta Ikut Perkuat Penanganan Karhutla di Kalsel, ini Total Luasan Lahan Terbakar

Riyanto menambahkan untuk menghindari meluasnya kebakaran, tim melokalisir lahan dengan membuat laris sebagai penghalang agar tidak meluas.

Tak hanya itu pihaknya juga melaksanakan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan baik dari segi kesehatan, rusaknya ekosistem, juga sanki hukum bagi pelaku yang segaja membakar hutan dan lahan.

Dengan kebakaran ini menambah panjang deretan karhutla di Hulu Sungai Tengah. Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Pangang Marak, Tanah Habang, Mahang Baru, Tapuk, Dusun Awang Landas Sei Buluh, Pahalatan, dan Samhurang, serta di Desa Tandilang Kecamatan Batang Alai Timur. (banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved